Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 08:53 WIB | Minggu, 27 Desember 2020

Dar El-Ifta Mesir Izinkan Vaksin Mengandung Gelatin Babi

Gedung Dar El-Ifta Mesir di Kairo. (Foto: dok. Al Ahram)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Dar El-Ifta Mesir, sebuah badan yang bertanggung jawab mengeluarkan fatwa agama, disebutkan telah mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 yang mengandung gelatin babi, menurut pernyataan yang dibacakan hari Sabtu (26/12).

Dikutip media setempat, Al Ahram, Dar El-Ifta mengatakan pemberian vaksin diperbolehkan jika gelatin yang digunakan diubah menjadi bahan non babi lainnya selama proses pembuatan. Hal yang sama berlaku untuk vaksin yang diberikan untuk menyembuhkan penyakit lain.

Pernyataan Dar El-Ifta ini untuk meredam kontroversi di kalangan umat Islam terkait gelatin babi, yang merupakan bahan vaksin yang umum, karena dalam Islam konsumsi daging babi dilarang.

Sifatnya Telah Diubah

Sebelumnya, pada 22 Desember, Al Ahram melaporkan bahwa Khaled Omran, sekretaris urusan fatwa di Dar Al-Iftaa Mesir, mengatakan bahwa Muslim diperbolehkan minum obat atau vaksin yang dibuat menggunakan komponen gelatin babi, karena sifat gelatinnya telah diubah menjadi halal selama proses perawatan kimia.

Pernyataan Omran pada program “90 Menit Al-Mihwar” pada hari Senin (21) disampaikan ketika komunitas Muslim memperdebatkan apakah beberapa vaksin yang diproduksi menggunakan produk babi, dilarang dalam Islam, harus digunakan di tengah pandemi COVID-19 di seluruh dunia.

"Dengan menjalani perawatan kimiawi, produk daging babi di dalam obat apa pun diubah dari sifat terlarang (haram) menjadi keadaan yang diizinkan (halal)," kata Omran. "Proses ini membuat bahan-bahan yang berhubungan dengan daging babi ini diperbolehkan dan secara ritual murni (taher)," tambahnya.

Fokus pada Mengakhiri Pandemi

Al Ahram juga menyebutkan bahwa topik vaksin dan babi juga memicu kontroversi di Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, karena beberapa vaksin virus corona, yang mungkin mengandung gelatin yang diturunkan dari babi, dan digunakan di seluruh dunia.

Pada bulan Oktober, ulama Muslim Indonesia datang ke China untuk memeriksa apakah vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China diizinkan untuk digunakan. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan beberapa kesepakatan pengadaan vaksin dengan Sinovac, dengan total jutaan dosis.

Omran mendesak umat Islam untuk fokus pada kerja sama untuk mengakhiri pandemi. Dia menambahkan, pendekatan yang tepat dalam debat harus menyelesaikan krisis virus corona, bukan menambah masalah, menekankan bahwa pendekatan yang diadopsi oleh Dar El-Ifta sejalan dengan petunjuk Nabi Muhammad.

Bahan Penstabil

Gelatin yang diturunkan dari daging babi dikenal luas digunakan sebagai penstabil untuk memastikan keamanan dan efektivitas beberapa vaksin selama penyimpanan dan pengangkutan dengan melindungi virus hidup dalam vaksin, termasuk suhu.

Menurut selebaran yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris, gelatin babi, yang digunakan dalam pembuatan vaksin, sangat dimurnikan, tidak seperti saat digunakan pada tahap awal. Ini juga dipecah menjadi molekul kecil yang disebut peptida sebelum dapat digunakan dalam vaksin.

Beberapa perusahaan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan vaksin bebas daging babi. Namun, masalah keamanan, termasuk masa hidup vaksin yang lebih pendek, telah menghambat upaya ini.

The Associated Press baru-baru ini mengutip Salman Waqar, sekretaris jenderal British Islamic Medical Association, yang mengatakan bahwa terkait permintaan, rantai pasokan yang ada, biaya, dan umur simpan yang lebih pendek dari vaksin yang tidak mengandung gelatin yang diturunkan dari babi, berarti bahan tersebut kemungkinan akan terus berlanjut digunakan di sebagian besar vaksin selama bertahun-tahun.

Juru bicara Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca mengatakan bahwa produk daging babi bukan bagian dari vaksin COVID-19 mereka, menurut AP.

Di Mesir, kementerian kesehatan awal bulan ini mengumumkan menerima dua batch vaksin yang dikembangkan oleh Sinopharm China, menjadi negara Afrika pertama yang menerimanya.

Mesir juga berencana untuk memproduksi vaksin Sinovac secara lokal untuk memenuhi permintaan Mesir dan Afrika di tengah pandemi, menurut Menteri Kesehatan, Hala Zayed.

AP mencatat bahwa Sinovac, Sinopharm dan CanSino Biologics, juga sebuah perusahaan China, tidak menanggapi permintaannya untuk informasi bahan pada vaksin mereka. (Al Ahram/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home