Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Senin, 20 Mei 2024

Deklarasi Manama: Liga Arab Serukan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Wilayah Palestina

Deklarasi Manama: Liga Arab Serukan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Wilayah Palestina
Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, berbicara ketika Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif bin Rashid al-Zayani, menyaksikan konferensi pers setelah KTT Arab ke-33, di Manama, Bahrain, 16 Mei 2024. (Foto: Reuters)
Deklarasi Manama: Liga Arab Serukan Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Wilayah Palestina
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) diterima di ibu kota Bahrain, Manama pada 15 Mei 2024 menjelang KTT Liga Arab ke-33. (Foto: dok. via AFP)

MANAMA, SATUHARAPAN.COM-Liga Arab menyerukan pasukan penjaga perdamaian PBB di wilayah Palestina dan konferensi perdamaian internasional pada pertemuan puncak yang didominasi oleh perang antara Israel dan Hamas.

Dalam pernyataan penutup hari Kamis setelah pertemuan di Manama, kelompok beranggotakan 22 orang tersebut menyerukan “perlindungan internasional dan pasukan penjaga perdamaian PBB di wilayah pendudukan Palestina” sampai solusi dua negara diterapkan.

Hal ini juga mengadopsi seruan dari tuan rumah Raja Hamad dari Bahrain dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk “mengadakan konferensi internasional di bawah naungan PBB, untuk menyelesaikan masalah Palestina berdasarkan solusi dua negara.”

Pertemuan para kepala negara dan pemerintahan Arab diadakan di Bahrain setelah lebih dari tujuh bulan konflik di Gaza yang mengguncang wilayah yang lebih luas.

Perang Gaza pecah setelah serangan Hamas di Israel selatan yang mengakibatkan kematian sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, menurut angka Israel.

Para militan juga menyandera sekitar 250 sandera, 128 di antara mereka diperkirakan masih berada di Gaza, termasuk 36 orang yang menurut militer Israel tewas.

Pembalasan militer Israel telah menewaskan sedikitnya 35.272 orang, sebagian besar warga sipil, menurut kementerian kesehatan Gaza, dan pengepungan Israel telah mengakibatkan kekurangan pangan yang parah dan ancaman kelaparan.

Luka Terbuka

Liga tersebut juga secara terpisah menyerukan gencatan senjata “segera” di Gaza dan diakhirinya pengungsian paksa di wilayah Palestina.

Abbas mengatakan pada pertemuan puncak itu bahwa saingannya Hamas memberi Israel “dalih dan pembenaran” untuk melancarkan perang di Gaza dengan serangannya pada 7 Oktober.

Hamas menyuarakan “penyesalannya atas pernyataan tersebut” dan menyatakan bahwa serangan tersebut telah “menempatkan perjuangan Palestina di garis depan prioritas, dan mencapai keuntungan strategis.”

Mereka juga menyambut baik pernyataan terakhir liga tersebut dan mendesak “negara-negara Arab bersaudara untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk memaksa pendudukan (Israel) menghentikan agresinya.”

Berbicara di KTT tersebut, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menggambarkan perang Gaza sebagai “luka terbuka yang mengancam akan menginfeksi seluruh wilayah”, dan menyerukan “pembebasan semua sandera segera dan tanpa syarat.”

Guterres mengatakan “satu-satunya cara permanen untuk mengakhiri siklus kekerasan dan ketidakstabilan adalah melalui solusi dua negara.”

Menanggapi seruan untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian, juru bicara PBB mengatakan pembentukan misi apa pun akan bergantung pada “mandat dari Dewan Keamanan” dan “penerimaan pihak-pihak yang hadir di PBB.”

Hal ini, kata wakil juru bicara Sekjen PBB, “adalah sesuatu yang perlu ditetapkan dan hal tersebut bukanlah hal yang kita anggap remeh.”

“Deklarasi Manama” yang dikeluarkan oleh negara-negara Arab juga mendesak “semua faksi Palestina untuk bergabung di bawah payung Organisasi Pembebasan Palestina (PLO),” yang didominasi oleh gerakan Fatah yang dipimpin Abbas.

Ia menambahkan bahwa mereka menganggap PLO sebagai “satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina.”

Serangan Laut Merah

Ini adalah pertama kalinya blok tersebut berkumpul sejak pertemuan puncak luar biasa di Riyadh, ibu kota negara tetangga Arab Saudi, pada bulan November yang juga melibatkan para pemimpin Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang beranggotakan 57 orang, yang berbasis di kota Jeddah, Arab Saudi.

Dalam kampanye yang dikatakan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di tengah perang Gaza, milisi Houthi Yaman yang didukung Iran telah melancarkan serangan terhadap jalur pelayaran penting di Laut Merah dan Teluk Aden sejak November.

KTT di Bahrain “mengecam keras serangan terhadap kapal komersial,” dan mengatakan bahwa serangan tersebut “mengancam kebebasan navigasi, perdagangan internasional, dan kepentingan negara dan masyarakat di dunia.”

Deklarasi tersebut menambahkan komitmen negara-negara Arab untuk “menjamin kebebasan navigasi igasi di Laut Merah” dan sekitarnya.

Perang Arab-Israel pada tahun 1967 menyebabkan Israel merebut wilayah Palestina di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza.

Israel kemudian mencaplok Yerusalem timur, dan pemerintahan Israel berturut-turut mendorong pemukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Berdasarkan hukum internasional, wilayah Palestina, termasuk Gaza, tetap diduduki, dan pemukiman Israel di Yerusalem timur dan Tepi Barat dianggap ilegal. (AFP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home