Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 09:23 WIB | Jumat, 26 Mei 2023

Di Tengah Gejolak Politik dan Kekerasan, Dua Jurnalis Pakistan Hilang, Kemungkinan Diculik

Seorang anggota media mengambil foto gedung Radio Pakistan yang terbakar yang dibakar oleh para pendukung mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, yang marah memprotes penangkapan pemimpin mereka, di Peshawar, Pakistan, pada 10 Mei 2023. Perdana Menteri Shehbaz Sharif pada hari Kamis, 25 Mei 2023 bersumpah akan mengambil tindakan tegas terhadap semua perusuh yang membakar sebuah stasiun radio kuno di kota barat laut Peshawar awal bulan ini, yang memicu kecaman nasional. (Foto: dok. AP/Muhammad Sajjad)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Seorang jurnalis televisi terkemuka Pakistan yang dikenal karena dukungan publiknya terhadap mantan Perdana Menteri, Imran Khan, telah hilang, kata polisi, keluarga, dan majikannya.

Hilangnya Sami Abrahim pertama kali diumumkan dalam tweet polisi hari Rabu (24/5) malam, beberapa jam setelah dia hilang. Keluarganya dan televisi BOL independen yang berbasis di Karachi, tempat Abrahim bekerja, mengklaim pada hari Kamis (25/5) bahwa dia telah diculik.

Ibrahim telah lama secara terbuka menentang pemerintahan penerus Khan, Perdana Menteri Shahbaz Sharif. Khan, mantan bintang kriket yang menjadi politisi Islam, menjabat pada 2018-2022 dan digulingkan dalam mosi tidak percaya di parlemen tahun lalu.

Dalam sebuah pengumuman berita, BOL TV mengatakan bahwa Ibrahim dibawa oleh pria tak dikenal pada hari Rabu. Saudara laki-laki Ibrahim, Ali Raza, mengajukan pengaduan polisi mengklaim bahwa delapan orang dengan empat kendaraan mencegat mobil saudara laki-lakinya dalam perjalanan pulang kerja di ibu kota, Islamabad, dan membawanya pergi. Sopirnya tidak terluka.

Tweet polisi berjanji mereka akan melakukan yang terbaik untuk menemukan reporter TV terkenal itu.

Hilangnya Abraham terjadi dua pekan setelah jurnalis TV pro Khan lainnya, Imran Riaz, hilang. Polisi Pakistan membantah menahannya.

Reporters Without Borders, pengawas media internasional yang juga dikenal dengan akronim Prancis RSF, menyatakan keprihatinannya pada hari Selasa atas keselamatan Riaz. Dalam sebuah pernyataan, mereka mendesak pemerintah Pakistan “untuk memastikan penghormatan terhadap supremasi hukum dengan segera mengungkapkan di mana dan dalam kondisi apa dia ditahan.”

Komunitas media dan jurnalis Pakistan juga menuntut pertanggungjawaban bagi mereka yang berada di balik pembunuhan bulan Oktober di Kenya atas Arshad Sharif, pembawa acara TV terkemuka Pakistan. Wartawan berusia 50 tahun itu tinggal di Kenya untuk menghindari penangkapan di rumahnya atas tuduhan memfitnah militer yang kuat.

Menurut polisi Kenya, petugas melepaskan tembakan ke arah mobil yang membawa Sharif saat melaju melewati pos pemeriksaan di luar Nairobi, alih-alih berhenti.

Belakangan, polisi Nairobi menyatakan penyesalan atas penembakan tersebut, dengan mengatakan bahwa itu adalah kasus "salah identitas" selama pencarian mobil serupa yang terlibat dalam kasus penculikan anak.

Awal bulan ini, para pendukung Khan bentrok selama berhari-hari dengan polisi di seluruh Pakistan, menyerang properti publik, termasuk sebuah stasiun radio di kota barat laut Peshawar, dan instalasi militer, yang marah karena penangkapannya dari ruang sidang di Islamabad. Kekerasan baru mereda setelah Khan dibebaskan atas perintah Mahkamah Agung.

Perdana menteri pada hari Kamis (25/5) mengunjungi stasiun yang rusak parah di Peshawar, berjanji dalam pidatonya kepada staf di sana bahwa semua tersangka yang terkait dengan kekerasan baru-baru ini akan diadili.

Khan telah berulang kali menuduh Washington, perdana menteri dan militer Pakistan berada di balik pemecatannya, tuduhan yang dibantah oleh ketiganya, dan telah memimpin kampanye oposisi melawan pemerintah, menuntut pemilihan dini.

Sejak protes kekerasan, pemerintah telah menindak pendukung Khan, menangkap lebih dari 5.000 dan mengancam pengadilan di depan pengadilan militer.

Juga hari Kamis, pengadilan anti terorisme di Pakistan memberikan lampu hijau bagi militer untuk mengadili 16 tersangka yang ditangkap sehubungan dengan serangan baru-baru ini di kediaman seorang jenderal angkatan darat di kota timur Lahore selama kerusuhan oleh pengikut Khan. Tidak jelas kapan persidangan akan dimulai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home