Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:44 WIB | Sabtu, 02 Maret 2024

Di Tengah Peringatan Kremlin, Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Alexei Navalny di Moskow

Orang-orang berkumpul di luar gereja Soothe My Sorrows sambil menunggu upacara pemakaman dan upacara perpisahan politisi oposisi Rusia, Alexei Navalny, di Moskow, Rusia, pada 1 Maret 2024. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Ribuan pelayat berkumpul di dekat sebuah gereja di selatan Moskow pada hari Jumat (1/3), menantang kemungkinan penangkapan untuk memberikan penghormatan kepada mendiang pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, di pemakamannya.

Upacara tersebut dilakukan dua pekan setelah Navalny meninggal di penjara Arktik. Para pendukungnya menuduh Presiden Rusia, Vladimir Putin, membunuh kritikus utamanya.

Kremlin, yang membantah terlibat dalam kematian Navalny, pada hari Jumat (1/3) memperingatkan terhadap protes “tidak sah” di sekitar pemakaman.

Beberapa pelayat meneriakkan “Navalny” saat peti matinya tiba di gereja Bunda Allah Quench My Sorrows di Maryino, tempat kebaktian akan diadakan.

Para duta besar dari Perancis dan Jerman turut hadir dalam kerumunan tersebut, begitu pula beberapa politisi independen terakhir di Rusia.

“Orang-orang seperti dia tidak boleh mati: jujur dan berprinsip, rela mengorbankan diri mereka sendiri,” kata Anna Stepanova, yang datang memberi penghormatan.

Pagar telah dipasang di sekeliling gereja, namun jalan masuk tetap terbuka meskipun ada banyak penegak hukum dan truk polisi anti huru-hara.

“Apa yang mereka takutkan? Mengapa begitu banyak mobil?” kata Stepanova. “Mereka sendiri sangat takut,” katanya. “Masyarakat yang datang ke sini, mereka tidak takut. Alexei juga tidak.”

Peringatan Kremlin

Tim pemimpin oposisi mengatakan peti mati itu sedang dalam perjalanan ke gereja, di mana peti mati itu akan dipajang dalam peti mati terbuka sesuai dengan praktik Ortodoks.

Dua jam kemudian, pemakaman akan dilakukan di pemakaman Borisovo, yang berjarak berjalan kaki singkat dari tepi Sungai Moskva.

“Setiap pertemuan yang tidak sah akan melanggar hukum dan mereka yang berpartisipasi di dalamnya akan bertanggung jawab,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menurut TASS.

Sekitar 400 pelayat telah ditahan di peringatan Navalny sejak kematiannya, kata organisasi hak asasi manusia OVD-Info.

Janda pembangkang tersebut, Yulia Navalnaya, sebelumnya mengatakan dia khawatir pemakamannya akan terganggu jika ada penangkapan lebih lanjut.

“Saya belum yakin apakah ini akan berlangsung damai atau apakah polisi akan menangkap mereka yang datang untuk mengucapkan selamat tinggal kepada suami saya,” kata Navalnaya kepada Parlemen Eropa pekan ini.

Dia secara langsung menyalahkan Putin atas kematiannya.

Pemerintah negara-negara Barat dengan cepat meminta pertanggungjawaban Kremlin, namun tidak melontarkan tuduhan langsung atas keterlibatan mereka.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengkritik tuduhan yang dilontarkannya dan beberapa pemimpin Barat sebagai tuduhan yang “vulgar.”

Menyalahgunakan Jenazahnya

Navalny menjadi terkenal melalui kampanye anti korupsinya, mengungkap apa yang disebutnya sebagai korupsi yang merajalela di puncak pemerintahan Putin.

Dia ditangkap pada Januari 2021 ketika kembali ke Rusia setelah dirawat di Jerman karena serangan keracunan.

“Alexei disiksa selama tiga tahun,” kata Navalnaya kepada anggota parlemen di Brussels. “Dia kelaparan di sel batu kecil, terputus dari dunia luar dan tidak diberi kunjungan, panggilan telepon, dan bahkan surat.”

“Dan kemudian mereka membunuhnya. Bahkan setelah itu, mereka menganiaya tubuhnya,” katanya.

Jenazahnya ditahan di kamar mayat selama delapan hari sebelum dikembalikan ke keluarga, yang diyakini tim Navalny sebagai upaya untuk menutupi tanggung jawab atas kematiannya.

Idenya Akan Tetap Hidup

Keluarganya dan timnya juga menuduh pihak berwenang berusaha mencegah pemakaman umum yang bermartabat, karena khawatir hal itu bisa menjadi pemicu perbedaan pendapat.

Tim Navalny mengatakan penyelidik setempat mengancam akan menguburkannya di penjara jika ibunya tidak menyetujui pemakaman “rahasia”.

Setelah jenazah dibebaskan, sekutu berjuang untuk menemukan tempat yang setuju untuk mengadakan upacara pemakaman, serta pengemudi mobil jenazah.

Dan upacara sipil yang memungkinkan masyarakat umum untuk memberikan penghormatan kepada jenazah – yang umum terjadi di Rusia – belum diizinkan.

Navalnaya telah bersumpah untuk melanjutkan pekerjaannya dan mendesak untuk “berjuang lebih mati-matian, lebih sengit dari sebelumnya.”

Di antara kerumunan orang di dekat gereja, beberapa orang tampak setuju. “Seseorang telah meninggal, namun idenya akan tetap hidup berkat mereka yang telah berkumpul di sini,” kata Alyona, arkeolog berusia 22 tahun yang datang untuk memberikan penghormatan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home