Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Rabu, 28 Februari 2024

Keluarga Kesulitan Mendapatkan Tempat Pemakaman untuk Alexei Navalny

Pengacaranya ditahan sementara di Moskow tanpa alasan yang jelas.
Seseorang memegang plakat bertuliskan: Alexei Navalny adalah pahlawan saya, saat orang-orang memberikan penghormatan kepada pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny, setelah kematiannya, di Trocadero dekat Menara Eiffel di Paris, Prancis, 17 Februari 2024. (Foto: dok.Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Seorang pengacara politisi oposisi Rusia, Alexei Navalny, yang menemani ibu Navalny pekan lalu saat dia berjuang agar pihak berwenang menyerahkan jenazahnya, ditahan sebentar pada Selasa (27/2) di Moskow, kata media berita Rusia.

Pengacaranya, Vasily Dubkov, kemudian mengatakan kepada outlet berita independen Verstka bahwa dia telah dibebaskan. Verstka mengatakan dia tidak mengomentari alasan penahanannya, namun mengatakan hal itu merupakan penghalang aktivitasnya sebagai pengacara.

Dengan bantuan Dubkov, ibu Navalny, Lyudmila, berhasil mendapatkan pembebasan jenazah putranya hari Sabtu lalu, delapan hari setelah dia meninggal mendadak di koloni hukuman Arktik.

Dia sebelumnya menuduh penyelidik mencoba “memeras” dia dengan menahan jenazahnya kecuali dia setuju untuk menguburkannya tanpa pemakaman umum, namun dia menolak untuk menerimanya.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin menyebut tuduhan itu tidak masuk akal dan mengatakan Kremlin tidak terlibat dalam pengaturan Navalny.

Juru bicara Navalny mengatakan sebelumnya pada hari Selasa (27/2) bahwa timnya sejauh ini tidak dapat menemukan ruang pemakaman atau tempat lain di mana orang dapat datang untuk memberikan penghormatan kepadanya.

Dia mengatakan salah satu tempat telah memberi tahu mereka bahwa “lembaga pemakaman dilarang bekerja sama dengan kami.”

Navalny, 47 tahun, telah menjalani hukuman lebih dari tiga dekade atas tuduhan penipuan dan ekstremisme yang menurutnya dibuat-buat untuk membungkamnya. Kremlin dengan marah menolak tuduhan keluarga dan pendukung Navalny bahwa Putin telah membunuhnya.

Tiga pengacara Navalny ditangkap Oktober lalu karena dicurigai menjadi anggota “kelompok ekstremis”, dan dua lainnya dimasukkan dalam daftar orang yang dicari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home