Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:33 WIB | Senin, 30 Agustus 2021

Direktur Museum Jadi Kandidat Tunggal Presiden Estonia

Direktur Museum Jadi Kandidat Tunggal Presiden Estonia
Alar Karis, mantan auditor negara dan direktur Museum Nasional Estonia saat ini berfoto di Tallinn, Estonia, Jumat, 27 Agustus 2021. (Foto: AP/Aron Urb)
Direktur Museum Jadi Kandidat Tunggal Presiden Estonia
Foto bertanggal Rabu, 26 Oktober 2016, Presiden Estonia Kersti Kaljulaid berjalan sebelum pertemuan mereka di istana Presiden di Vilnius, Lithuania, di Vilnius, Lithuania. Estonia bersiap untuk pemilihan presiden yang tidak biasa di parlemen hari Senin, 30 September 2021. (Foto: dok. AP/Mindaugas Kulbis)

TALLINN, SATUHARAPAN.COM-Estonia bersiap untuk pemilihan presiden yang tidak biasa di parlemen. Hanya akan ada satu kandidat dalam pemungutan suara hari Senin (30/8), situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak negara Baltik itu memperoleh kembali kemerdekaannya 30 tahun lalu.

Masa jabatan lima tahun Presiden Kersti Kaljulaid berakhir pada 10 Oktober, dan anggota parlemen di parlemen Riigikogu dengan 101 kursi harus memilih kepala negara baru untuk menggantikannya di jabatan yang sebagian besar bersifat seremonial.

Karena tidak ada lagi kandidat yang didaftarkan hingga batas waktu hari Sabtu (28/8) malam, direktur Museum Nasional Estonia, Alar Karis, akan menjadi satu-satunya pesaing. Karis, mantan auditor negara, adalah satu-satunya yang berhasil mendapatkan dukungan dari minimal 21 anggota parlemen yang dibutuhkan.

Mengadakan pemungutan suara dengan hanya satu kandidat telah membuat negara itu bingung, dan beberapa politisi telah menyerukan perombakan total terhadap sistem pemilihan presiden Estonia yang kompleks. Beberapa orang Estonia bahkan menyarankan agar negara kecil Eropa itu, di mana perdana menteri memegang sebagian besar kekuasaan politik, harus menghapuskan jabatan kepala negara sama sekali.

Jaak Joeruut, mantan menteri pertahanan dan diplomat, mengatakan dalam sebuah opini baru-baru ini bahwa “pemilihan dengan satu kandidat adalah milik era Uni Soviet. Itu tidak etis, tetapi, anehnya, legal.”

Pernah menjadi republik Uni Soviet, Estonia, negara berpenduduk 1,3 juta, memperoleh kembali kemerdekaannya pada tahun 1991 dan sekarang menjadi anggota Uni Eropa dan NATO.

Seandainya presiden dipilih langsung oleh rakyat, Kaljulaid yang liberal akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Presiden perempuan pertama Estonia ini cukup populer di kalangan masyarakat. Tapi dia mendapat sedikit dukungan dari anggota parlemen, dilaporkan karena keterusterangannya tentang sesama politisi dan kebijakan pemerintah.

Posisi Presiden

Partai Reformasi Perdana Menteri Kaja Kallas dan Partai Tengah, yang membentuk pemerintahan koalisi kanan-tengah Estonia, telah mendukung Karis yang berusia 63 tahun.

Kedua pihak memuji dia atas pemahamannya tentang masyarakat Estonia dan melihat latar belakang akademisnya. Dia pernak mengepalai Universitas Tartu, institusi akademik utama Estonia, dan bekerja sebagai auditor sebagai kekuatan yang substansial.

Tonis Sarts, seorang profesor di bidang politik komparatif di Universitas Tallinn, setuju dengan penilaian tersebut tetapi mencatat bahwa Karis adalah seorang pemula dalam kebijakan luar negeri.

“Dia mungkin salah satu kandidat yang paling siap mempertimbangkan dimensi kebijakan domestik tetapi dia tidak memiliki pengalaman praktis dalam pembuatan kebijakan luar negeri dan diplomasi,” kata Sarts kepada The Associated Press.

Karis membutuhkan mayoritas dua pertiga, atau 68 suara, di parlemen untuk dipilih dalam pemungutan suara rahasia. Koalisi yang memerintah memiliki 59 suara, dan dia tampaknya akan mengumpulkan dukungan dari setidaknya sembilan anggota parlemen dari tiga partai oposisi.

Jika anggota parlemen menolak Karis, dua putaran pemungutan suara dijadwalkan pada hari Selasa. Jika gagal, pemilihan akan dialihkan ke perguruan tinggi pemilihan khusus yang beranggotakan 208 orang yang akan memilih kepala negara baru pada bulan September.

Di bawah konstitusi Estonia, peran presiden sebagian besar mewakili negara di luar negeri dan bertindak sebagai pemimpin opini domestik. Namun, presiden juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata Estonia, secara resmi menunjuk anggota pemerintah, menandatangani undang-undang untuk membuatnya sah, dan memiliki kekuatan untuk memveto proposal undang-undang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home