Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:13 WIB | Senin, 30 Agustus 2021

Prancis Pertahankan Pasukannya di Irak, Macron Kunjungi Mosul

Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan kunjungan pada hari Minggu (29/8) ke bekas markas kelompok ISIS di Mosul, Irak, sehari setelah berjanji untuk mempertahankan pasukan di negara itu.

MOSUL, SATUHARAPAN.COM-Macron membuat komitmen selama pertemuan puncak regional di Baghdad yang sebagian besar ditujukan untuk memerangi terorisme dan dampak pengambilalihan Taliban atas Afghanistan saat pasukan Amerika Serikat mundur.

"Tidak peduli pilihan apa yang dibuat Amerika, kami akan mempertahankan kehadiran kami di Irak untuk memerangi terorisme," katanya dalam konferensi pers, hari Sabtu (28/8).

Pada hari Minggu (29/8), pemimpin Prancis itu menginjakkan kaki di Mosul, sebuah kota Muslim Sunni yang direbut kembali dari ISIS pada tahun 2017 setelah tiga tahun.

Kunjungannya ke Mosul, tempat berkumpulnya komunitas etnis dan agama yang beragam di Irak, dipandang sebagai kesempatan untuk memperbarui dukungannya bagi umat Kristen di Timur Tengah.

Macron mengunjungi Gereja Our Lady of the Hour, sebuah gereja yang sedang dipugar oleh badan kebudayaan PBB UNESCO.

Prancis, yang membiayai sekolah-sekolah Kristen berbahasa Prancis di wilayah tersebut, bertujuan untuk meningkatkan penderitaan umat Kristen di Timur Tengah, serta minoritas lainnya.

“Pesan ini bersifat peradaban tetapi juga geopolitik. Tidak akan ada keseimbangan di Irak jika tidak ada rasa hormat terhadap komunitas-komunitas ini,” kata presiden Prancis itu.

Macron juga berhenti di lokasi masjid al-Nuri Mosul, di mana pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, telah mendeklarasikan pembentukan “kekhalifahan” pada tahun 2014.

ISIS meledakkan masjid abad ke-12 yang terkenal pada Juni 2017 ketika pasukan Irak mendekati para ekstremis di Kota Tua Mosul. UNESCO sekarang mengorganisir proyek besar untuk membangunnya kembali hampir identik, dengan menara miringnya yang terkenal.

Masjid dan gereja adalah bagian dari tiga proyek rekonstruksi yang dipimpin oleh UNESCO dan didanai oleh Uni Emirat Arab senilai US$ 50 juta.

Inisiatif tersebut, yang disebut “Menghidupkan Kembali Semangat Mosul”, yang terbesar dalam sejarah organisasi tersebut, mencakup rencana untuk membangun kembali rumah-rumah warisan bergaya Ottoman sebagai bagian dari proyek yang didanai Eropa.

Presiden Prancis pada hari Jumat mengunjungi kuil Muslim Syiah Imam Musa al-Kadhim di distrik Kadhimiya, Baghdad utara, didampingi oleh Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhemi.

Itu adalah kunjungan pertama bagi seorang presiden Prancis, katanya. Macron juga akan bertemu dengan pemuda Irak, termasuk pengusaha dan mahasiswa, di Universitas Mosul.

Dia hari Minggu Macron mengunjungi Irbil, ibu kota wilayah otonomi Kurdistan Irak.

Setelah kunjungan ke pasukan khusus Prancis di Camp Grenier, ia akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Kurdi, Netchirvan Barzani, serta pendahulunya, Massud Barzani.

“Saya berharap untuk membahas hubungan bilateral, pemilihan umum Irak dan masalah mendesak lainnya dengan Presiden Macron. Saya tetap berterima kasih atas dukungan Prancis yang berkelanjutan ke Wilayah Kurdistan dan Irak,” kata Presiden Kurdi Irak itu.

Macron juga bertemu dengan keluarga seorang pejuang Peshmerga yang dibunuh oleh ISIS, untuk memberi penghormatan atas kontribusi Kurdi dalam perang melawan para ekstremis. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home