Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 15:32 WIB | Kamis, 24 November 2016

Djarot Apresiasi Gang Pelni Kampung Tertib Buang Sampah

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kanan) berdialog dengan warga Gang Pelni Slipi, Jakarta Barat, hari Kamis (24/11). (Foto: Febriana D.H)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Djarot Saiful Hidayat menyatakan salut terhadap langkah warga RT 10 RW 01 Gang Pelni Slipi, Jakarta Barat, dalam membantu Pemerintah mencegah banjir dengan tertib memilah dan mengumpulkan sampah.

"Kita petik pelajaran di sini. Meskipun gangnya kecil, tapi bersih. Ada program pemilahan sampah yang dimulai dari rumah warga. Tidak ada bak-bak sampah besar, hanya dimasukkan di karung. Ini kearifan lokal untuk mencegah banjir di lahan sempit," ujar Djarot, hari Kamis (24/11) siang.

Muslim mengaku setiap hari dia dan warga bergotong royong untuk memilah sampah setiap hari dan dimasukkan ke dalam karung. Di kampung itu memang tidak ada bak sampah besar, namun di setiap rumah sudah menyediakan karung besar khusus untuk sampah. Kemudian, dipilah dan diserahkan kepada bank sampah.

Ia meminta kepada Ketua RT, Muslim, untuk bisa bekerja sama dengan Pemprov DKI dalam memberikan penyuluhan bagi perkampungan lain di Ibu Kota.

"Kalau ikut program seperti ini pasti Jakarta bisa benar-benar bebas banjir. Pak Muslim bisa jadi penyuluh di wilayah padat bersama-sama dengan Dinas Kebersihan Pemprov DKI," ujar Djarot.

Muslim menyatakan program sadar pilah dan buang sampah ini sudah berjalan sejak lama. "Daerah ini  tidak pernah banjir dari tahun 1991 sampai saat ini," katanya.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home