Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:08 WIB | Sabtu, 05 Desember 2015

DK PBB akan Bahas Pelanggaran HAM Korut

Ilustrasi: Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Samantha Power, (Foto: AFP).

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) merencanakan menggelar pertemuan pada bulan ini untuk membahas pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Korea Utara, karena kejahatan di Korut terus berlangsung.

"Kami percaya sangat penting bagi dewan untuk terus menyoroti pelanggaran di Korea Utara dan berbicara secara teratur tentang situasi hak asasi manusia di Korea Utara karena kejahatan yang dilakukan di sana terus berlangsung,” kata Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Samantha Power, hari Jumat (4/12) seperti diberitakan AFP.

Samantha menyebut sembilan anggota Dewan Keamanan, termasuk Inggris, Prancis dan Amerika Serikat, menyerukan pertemuan itu dalam surat kepada presiden dewan pada bulan ini,  yang ingin meningkatkan tekanan pada negara sangat tertutup itu.

Juru bicara misi AS Hagar Chemali mengatakan Amerika Serikat akan bekerja dengan cepat untuk menjadwalkan pertemuan itu. Pada tahun lalu, satu-satunya sekutu utama Korut, Tiongkok berusaha menghalangi pertemuan pertama terkait masalah itu dengan pemilihan suara prosedural yang menempatkan situasi hak asasi manusia Korea Utara dalam agenda dewan.

Permintaan pertemuan tahun ini dibuat oleh Inggris, Cile, Prancis, Yordania, Lithuania, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Amerika Serikat. (Ant/AFP).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home