Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:20 WIB | Minggu, 22 November 2015

Mantan Presiden Korsel Kim Young-Sam Tutup Usia

Potret mendiang presiden Korea Selatan Kim Young-Sam di altar penghormatan Kim di Seoul National University Hospital, Seoul 22 November 2015. Kim Young-Sam, yang menjadi presiden sipil pertama setelah pemerintahan militer selama 30 tahun, meninggal dunia pada 22 November 2015, ungkap pejabat rumah sakit. (Foto: AFP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Mantan Presiden Korea Selatan Kim Young-Sam, penguasa sipil pertama negara itu selama lebih dari 30 tahun, meninggal dunia dalam usia 87 tahun pada hari Minggu (22/11), menurut beberapa pejabat rumah sakit.

Aktivis prodemokrasi yang menjabat sebagai presiden dari 1993 hingga 1998 itu mengalami infeksi darah serius dan mengembuskan napas terakhir sekitar tengah malam, beberapa hari setelah dirawat di rumah sakit karena mengalami demam tinggi, kata Presiden Seoul National University Hospital, Oh Byung-Hee, kepada wartawan.

Selama berkuasa, Kim menghadapi dua peristiwa besar yaitu krisis nuklir dengan korea Utara pada 1994 dan krisis keuangan Asia pada 1997-1998, ketika dia menerima dana talangan sebesar 58 juta dolar AS (sekitar Rp794,4 miliar) dari Dana Moneter Internasional.

Selama pemerintahannya, dua jenderal yang menjabat sebagai presiden sebelum dia didakwa dan dihukum atas pengkhianatan, meskipun dia mengampuni kedua orang tersebut pada akhir masa jabatannya.

Pada awal 1980-an, Kim pernah dua kali ditetapkan menjadi tahanan rumah selama dua tahun. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home