Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Rabu, 27 Maret 2024

DK PBB Keluarkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, AS Abstain

Linda Thomas-Greenfield, Duta Besar Amerika Serikat dan Perwakilan untuk PBB, menyatakan abstain dalam suaranya saat Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi gencatan senjata, Senin, 25 Maret 2024. (Foto: AP/Craig Ruttle)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) pada Senin (25/3) mengeluarkan tuntutan pertamanya untuk gencatan senjata di Gaza, dan Amerika Serikat membuat marah Israel karena tidak melakukan pemungutan suara. Israel menanggapinya dengan membatalkan kunjungan delegasi tingkat tinggi ke Washington dalam bentrokan publik terkuat antara sekutu sejak perang dimulai.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menuduh AS “mundur” dari “posisi prinsipnya” dengan membiarkan pemungutan suara tersebut diloloskan tanpa mengkondisikan gencatan senjata atas pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan pemerintah “agak bingung” dengan keputusan Netanyahu. Dia mengatakan Israel “memilih untuk menciptakan persepsi yang jelas di sini padahal mereka tidak perlu melakukan hal itu.”

Kirby dan duta besar Amerika untuk PBB mengatakan Amerika abstain karena resolusi tersebut tidak mengutuk Hamas. Para pejabat AS memilih untuk abstain dibandingkan memveto usulan tersebut “karena usulan tersebut mencerminkan pandangan kami bahwa gencatan senjata dan pembebasan sandera harus dilakukan secara bersamaan,” kata Kirby.

Dewan beranggotakan 15 orang memberikan suara 14-0 untuk menyetujui resolusi tersebut, yang juga menuntut pembebasan semua sandera yang disandera selama serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan. Seisi ruangan bertepuk tangan meriah setelah pemungutan suara.

AS memveto resolusi-resolusi gencatan senjata Dewan Keamanan PBB yang lalu sebagian besar karena kegagalan mereka untuk mengaitkan resolusi tersebut secara langsung dengan pembebasan sandera, kegagalan mereka untuk mengutuk serangan-serangan Hamas, dan lemahnya negosiasi yang sedang berlangsung.

Para pejabat Amerika berpendapat bahwa gencatan senjata dan pembebasan sandera ada kaitannya, sementara Rusia, China dan banyak anggota dewan lainnya lebih menyukai seruan gencatan senjata tanpa syarat.

Resolusi yang disetujui pada hari Senin menuntut pembebasan sandera tetapi tidak menjadikannya sebagai syarat gencatan senjata selama bulan Ramadhan, yang berakhir pada bulan April.

Hamas mengatakan mereka menyambut baik langkah PBB namun mengatakan gencatan senjata harus bersifat permanen.

“Kami mengonfirmasi kesiapan kami untuk segera terlibat dalam proses pertukaran tahanan yang mengarah pada pembebasan tahanan di kedua pihak,” kata kelompok itu. Selama berbulan-bulan, para militan telah mengupayakan kesepakatan yang mencakup penghentian konflik sepenuhnya.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mentweet: “Resolusi ini harus dilaksanakan. Kegagalan tidak bisa dimaafkan.”

Keputusan AS untuk abstain terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara pemerintahan Presiden Joe Biden dan Netanyahu mengenai tindakan Israel dalam perang tersebut, tingginya jumlah korban sipil, dan terbatasnya jumlah bantuan kemanusiaan yang mencapai Gaza. Kedua negara juga berselisih mengenai penolakan Netanyahu terhadap negara Palestina, kekerasan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, dan perluasan permukiman di sana.

Selain itu, antagonisme yang terkenal antara Netanyahu dan Biden – yang dimulai sejak masa jabatan Biden sebagai wakil presiden – semakin dalam setelah Biden mempertanyakan strategi Israel dalam memerangi Hamas.

Pemimpin Mayoritas Senat, Chuck Schumer, sekutu Biden, menyatakan bahwa Netanyahu tidak bertindak demi kepentingan terbaik Israel dan menyerukan Israel untuk mengadakan Pemilu baru. Biden mengisyaratkan persetujuannya atas pernyataan Schumer, sehingga memicu teguran dari Netanyahu.

Selama kunjungannya di AS, delegasi Israel akan menyampaikan kepada para pejabat Gedung Putih rencana mereka untuk kemungkinan melakukan invasi darat ke Rafah, sebuah kota di perbatasan Mesir di Gaza selatan di mana lebih dari satu juta warga sipil Palestina mencari perlindungan dari perang.

Pekan lalu, Netanyahu menolak permintaan AS untuk menghentikan rencana invasi Rafah dan bersumpah selama kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk bertindak sendiri jika diperlukan. Blinken memperingatkan bahwa Israel akan segera menghadapi isolasi internasional yang semakin besar, sementara Wakil Presiden Kamala Harris mengatakan Israel dapat segera menghadapi konsekuensi yang tidak ditentukan jika mereka melancarkan serangan darat.

Pemungutan suara Dewan Keamanan dilakukan setelah Rusia dan China memveto resolusi yang disponsori AS pada hari Jumat yang akan mendukung “gencatan senjata segera dan berkelanjutan” dalam konflik Israel-Hamas. Resolusi tersebut menunjukkan lemahnya hubungan antara gencatan senjata dan pembebasan sandera, sehingga memungkinkan adanya interpretasi dan tidak ada batasan waktu.

Amerika Serikat memperingatkan bahwa resolusi yang disetujui hari Senin itu dapat merugikan perundingan untuk menghentikan permusuhan, dan meningkatkan kemungkinan veto lagi, kali ini oleh Amerika. Pembicaraan tersebut melibatkan AS, Mesir dan Qatar.

Karena Ramadhan berakhir pada tanggal 9 April, tuntutan gencatan senjata hanya akan berlaku selama dua pekan, meskipun rancangan tersebut mengatakan bahwa jeda dalam pertempuran harus mengarah pada “gencatan senjata yang berkelanjutan.”

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan resolusi tersebut “mendukung upaya diplomatik yang sedang berlangsung,” dan menambahkan bahwa para perunding “semakin dekat” pada kesepakatan gencatan senjata dengan pembebasan semua sandera. “Tapi kita belum sampai di sana.”

Dia mendesak dewan dan anggota PBB di seluruh dunia untuk “berbicara dan menuntut dengan tegas agar Hamas menerima kesepakatan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perdamaian.”

Thomas-Greenfield mengatakan AS abstain karena “suntingan tertentu” yang diminta AS diabaikan, termasuk kecaman terhadap Hamas.

Resolusi tersebut, yang diajukan oleh 10 anggota dewan terpilih, didukung oleh Rusia dan China serta Kelompok Arab yang beranggotakan 22 negara di PBB.

Berdasarkan Piagam PBB, resolusi Dewan Keamanan mengikat secara hukum bagi 193 negara anggotanya, meskipun sering kali resolusi tersebut dilanggar.

Duta Besar Aljazair untuk PBB, Amar Bendjama, perwakilan Arab di dewan tersebut, berterima kasih kepada dewan tersebut karena “akhirnya” menuntut gencatan senjata. “Kami menantikan komitmen dan kepatuhan kekuatan pendudukan Israel terhadap resolusi ini, agar mereka dapat mengakhiri pertumpahan darah tanpa syarat apapun, untuk mengakhiri penderitaan rakyat Palestina,” katanya.

Riyad Mansour, duta besar Palestina untuk PBB, mengatakan kepada dewan bahwa pemungutan suara tersebut “harus menjadi titik balik” yang mengarah pada penyelamatan nyawa di Gaza dan mengakhiri “serangan kekejaman terhadap rakyat kami.”

Sesaat sebelum pemungutan suara pada hari Senin, para anggota terpilih mengubah rancangan resolusi akhir untuk menghilangkan kata “permanen” dari tuntutan mereka bahwa gencatan senjata Ramadhan harus mengarah pada penghentian pertempuran yang “berkelanjutan” yang tampaknya atas permintaan Amerika Serikat.

Rusia mengeluh bahwa membatalkan perjanjian tersebut akan memungkinkan Israel “melanjutkan operasi militernya di Jalur Gaza kapan saja” setelah Ramadhan dan mengusulkan amandemen untuk memulihkannya. Amandemen tersebut gagal karena gagal mendapatkan minimal sembilan suara “ya” – dengan tiga anggota dewan memberikan suara mendukung, Amerika Serikat memberikan suara menentang, dan 11 negara abstain.

Sejak awal perang, Dewan Keamanan telah mengadopsi dua resolusi mengenai memburuknya situasi kemanusiaan di Gaza, namun tidak ada satupun yang menyerukan gencatan senjata.

Lebih dari 32.000 warga Palestina di Gaza telah terbunuh dalam pertempuran tersebut, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Badan ini tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan dalam perhitungannya, namun mengatakan perempuan dan anak-anak merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Gaza juga menghadapi darurat kemanusiaan yang mengerikan. Sebuah laporan dari otoritas internasional tentang kelaparan memperingatkan pekan lalu bahwa “kelaparan akan segera terjadi” di Gaza utara dan eskalasi perang dapat mendorong setengah dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut ke ambang kelaparan.

Amerika Serikat telah memveto tiga resolusi yang menuntut gencatan senjata di Gaza, yang terbaru merupakan resolusi yang didukung Arab pada 20 Februari. Resolusi tersebut didukung oleh 13 anggota dewan dengan satu abstain, yang mencerminkan besarnya dukungan terhadap gencatan senjata.

Rusia dan China memveto resolusi yang disponsori AS pada akhir Oktober yang menyerukan jeda kemanusiaan dalam pertempuran untuk menyalurkan bantuan, perlindungan warga sipil, dan penghentian mempersenjatai Hamas. Mereka mengatakan hal itu tidak mencerminkan seruan global untuk gencatan senjata.

Mereka kembali memveto resolusi AS pada hari Jumat, dengan menyebutnya ambigu dan mengatakan bahwa resolusi tersebut bukanlah tuntutan langsung untuk mengakhiri pertempuran yang diinginkan sebagian besar negara di dunia.

Pemungutan suara tersebut menjadi pertikaian lain yang melibatkan negara-negara besar yang terjebak dalam ketegangan di negara lain, dengan Amerika Serikat menerima kritik karena tidak bersikap cukup keras terhadap sekutunya Israel, bahkan ketika ketegangan antara kedua negara meningkat.

Thomas-Greenfield pada hari Senin menuduh Rusia dan China menggunakan konflik Gaza “sebagai alat politik, untuk mencoba memecah belah dewan ini pada saat kita perlu bersatu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home