Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:09 WIB | Sabtu, 23 Maret 2024

Rusia dan China Veto Resolusi AS di PBB Yang Menyerukan Gencatan Senjata di Gaza

Mosi di Dewan Keamanan mengupayakan gencatan senjata yang berlangsung selama enam pekan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan; rancangan undang-undang tersebut tidak secara eksplisit menuntut diakhirinya serangan Israel.
Rusia dan China Veto Resolusi AS di PBB Yang Menyerukan Gencatan Senjata di Gaza
Dewan Keamanan PBB bertemu mengenai mosi gencatan senjata di Gaza dan pemungutan suara kesepakatan penyanderaan di markas besar PBB di New York, pada 22 Maret 2024. (Foto-foto: Angela Weiss/AFP)
Rusia dan China Veto Resolusi AS di PBB Yang Menyerukan Gencatan Senjata di Gaza
Duta Besar Israel untuk PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), Gilad Erdan (kiri) berbicara selama pemungutan suara Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata Gaza dan kesepakatan penyanderaan di markas besar PBB di New York, pada 22 Maret 2024.

PBB, SATUHARAPAN.COM-Dewan Keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada hari Jumat (22/3) gagal mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza sebagai bagian dari kesepakatan penyanderaan setelah Rusia dan China memveto tindakan yang diusulkan oleh Amerika Serikat.

Resolusi tersebut, yang juga tidak disetujui oleh Guyana, menyerukan gencatan senjata segera dan berkelanjutan yang berlangsung sekitar enam pekan untuk melindungi warga sipil dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Hal ini menandai semakin menguatnya sikap Washington terhadap Israel. Pada awal perang yang telah berlangsung selama lima bulan, AS menolak kata gencatan senjata dan memveto langkah-langkah yang mencakup seruan untuk segera melakukan gencatan senjata.

“Mayoritas anggota dewan memberikan suara mendukung resolusi ini, namun sayangnya Rusia dan China memutuskan untuk menggunakan hak vetonya,” kata Duta Besar AS untuk PBB,, Linda Thomas-Greenfield kepada Dewan Keamanan.

Sebelum pemungutan suara, dia mengatakan akan menjadi “kesalahan bersejarah” jika dewan tidak mengadopsi resolusi tersebut.

Rancangan tersebut tidak secara eksplisit menuntut agar Israel segera mengakhiri serangannya di Gaza. Dalam bahasa resolusi Dewan Keamanan yang halus, rancangan tersebut “menentukan” “pentingnya” gencatan senjata yang “segera dan berkelanjutan”.

Rancangan tersebut menghubungkan gencatan senjata dengan perundingan yang sedang berlangsung, yang dipimpin oleh Qatar dengan dukungan dari AS dan Mesir, untuk menghentikan perang dengan imbalan pembebasan sandera oleh Hamas.

Perwakilan China, Zhang Jun, mengatakan rancangan tersebut “menghindari isu paling sentral, yaitu gencatan senjata” melalui bahasanya yang “ambigu”.

“Hal ini juga tidak memberikan jawaban terhadap pertanyaan mengenai realisasi gencatan senjata dalam jangka pendek,” katanya.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia, juga berbicara sebelum pemungutan suara, meminta para anggotanya untuk tidak memberikan suara yang mendukung resolusi tersebut.

Dia mengatakan resolusi tersebut “sangat dipolitisasi” dan memberikan lampu hijau bagi Israel untuk melancarkan operasi militer di Rafah, sebuah kota di ujung selatan Jalur Gaza di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduknya berlindung di tenda-tenda darurat untuk menghindari serangan Israel lebih jauh ke utara.

“Ini akan membebaskan tangan Israel dan akan mengakibatkan seluruh Gaza dan seluruh penduduknya menghadapi kehancuran, kehancuran atau pengusiran,” kata Nebenzia dalam pertemuan tersebut.

Selama perang yang berlangsung selama lima bulan, Washington telah memveto tiga rancangan resolusi di DK PBB, dua di antaranya menuntut gencatan senjata segera. Baru-baru ini, AS membenarkan vetonya dengan mengatakan bahwa tindakan dewan tersebut dapat membahayakan upaya AS, Mesir, dan Qatar untuk menengahi penghentian perang dan pembebasan sandera.

Dorong Resolusi Alternatif

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang berbicara di Brussel segera setelah veto tersebut, mengatakan Prancis akan terus mendorong resolusi alternatif untuk gencatan senjata.

Dewan Keamanan pada hari Jumat nanti mungkin akan mempertimbangkan resolusi lain yang menyerukan gencatan senjata segera.

Duta Besar AS, Thomas-Greenfield, mengindikasikan adanya penolakan, dengan mengatakan hal ini akan membahayakan pembicaraan yang sedang berlangsung mengenai pembebasan sandera.

Berbicara sebelum pemungutan suara mengenai rancangan AS, Thomas-Greenfield mengatakan, “Dengan mengadopsi resolusi tersebut, kita dapat memberikan tekanan pada Hamas untuk menerima kesepakatan yang ada.”

Dia kemudian menyebut veto Rusia dan China “tidak hanya sinis,” tetapi juga “sepele.”

“Rusia dan China sama sekali tidak ingin memberikan suara pada resolusi yang ditulis oleh Amerika Serikat,” katanya. “Jujur saja – terlepas dari semua retorika yang berapi-api, kita semua tahu bahwa Rusia dan China tidak melakukan apa pun secara diplomatis untuk memajukan perdamaian abadi atau memberikan kontribusi yang berarti terhadap upaya respons kemanusiaan,” katanya.

Rusia, Chinadan Aljazair mengatakan bahwa resolusi tersebut harus menghentikan ancaman serangan Israel di Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina berlindung.

AS secara terbuka menentang operasi besar IDF di Rafah, namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji pada hari Jumat untuk pergi ke kota tersebut bahkan tanpa dukungan AS setelah ia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, yang mempromosikan resolusi yang sekarang diveto tersebut dalam tur regional terbarunya. (dengan ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home