Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Rabu, 16 Agustus 2023

Drone Rusia Serang Pelabuhan Ekspor Biji-bijian Ukraina

Seorang inspektur mengamati kerusakan di fasilitas pelabuhan biji-bijian setelah serangan yang dilaporkan oleh drone militer Rusia di Izmail, wilayah Odesa, Ukraina pada 2 Agustus 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Angkatan udara Ukraina pada hari Rabu (16/8) mengatakan sekelompok besar drone tentara Rusia memasuki muara sungai Danube dan menuju pelabuhan sungai Izmail dekat perbatasan dengan Rumania.

Kelompok media sosial melaporkan mendengar sistem pertahanan udara menembak di daerah dekat dua pelabuhan Danube: Izmail dan Reni.

Gubernur wilayah Odesa selatan, Oleh Kiper, meminta warga distrik Izmail untuk berlindung sekitar pukul 01:30 (22:30 GMT) dan membatalkan peringatan serangan udara satu jam kemudian.

Pelabuhan Danube Ukraina menyumbang sekitar seperempat dari ekspor biji-bijian sebelum Rusia menarik diri dari kesepakatan yang didukung PBB untuk menyediakan jalur yang aman bagi ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam. Sejak itu mereka menjadi rute utama keluar, dengan biji-bijian dikirim dengan tongkang ke pelabuhan Constanta di Laut Hitam Rumania untuk pengiriman selanjutnya.

Serangan Rusia di pelabuhan Izmail membuat harga pangan global lebih tinggi pada awal Agustus. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home