Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:08 WIB | Rabu, 16 Agustus 2023

Serangan Udara Ethiopia ke Alun-alun Amhara, 26 Tewas

Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, kiri, didampingi Ketua DPR, Tagesse Chafo, kanan, ketika berpidato di depan parlemen di ibu kota Addis Ababa, Ethiopia pada 15 November 2022. (Foto: dok. AP)

ADIS ABABA, SATUHARAPAN.COM-Serangan udara di alun-alun kota yang ramai di wilayah Amhara yang bergolak di Ethiopia menewaskan sedikitnya 26 orang dan melukai lebih dari 55 lainnya, kata seorang pejabat kesehatan senior pada hari Senin (14/8), beberapa hari setelah pihak berwenang menyatakan bahwa ketenangan telah dipulihkan di daerah tersebut.

Anggota milisi lokal telah bentrok dengan militer Ethiopia atas upaya untuk membubarkan mereka, dan pekan lalu militer merebut kembali kota-kota penting Amhara dengan paksa.

Serangan udara menghantam pusat komunitas Finote Selam pada hari Minggu (13/8), kata pejabat kesehatan, yang seperti orang lain berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan. Pejabat itu mengatakan 22 orang tewas di tempat kejadian dan beberapa yang terluka harus menjalani amputasi.

Dua warga mengatakan serangan udara itu menargetkan sebuah truk yang membawa warga sipil yang kembali dari mengantarkan makanan ke pejuang dengan milisi yang dikenal sebagai Fano. Akun mereka tidak dapat diverifikasi.

Seorang juru bicara pemerintah federal tidak segera menanggapi permintaan komentar.

“Kami mendengar suara keras datang dari langit,” kata seorang guru setempat. “Ketika jatuh, banyak orang tewas dan terluka.”

Komisi Hak Asasi Manusia Ethiopia yang ditunjuk negara pada hari Senin mencatat "laporan kredibel tentang serangan dan penembakan" di Finote Selam dan kota-kota Amhara lainnya "mengakibatkan banyak korban sipil." Ia juga mengatakan pejabat regional Amhara menjadi sasaran serangan, dengan beberapa tewas, “mengakibatkan keruntuhan sementara struktur negara bagian di banyak daerah.”

Kabinet Ethiopia mengumumkan keadaan darurat awal bulan ini di wilayah Amhara. Milisi Fano telah bertempur bersama pasukan militer Ethiopia dalam konflik dua tahun di wilayah tetangga Tigray, yang berakhir dengan kesepakatan damai November lalu.

Pengacara dan saksi mengatakan pihak berwenang sekarang melakukan penangkapan massal terhadap ratusan, bahkan ribuan orang di ibu kota Ethiopia di tengah kerusuhan Amhara.

Tindakan darurat memungkinkan pihak berwenang untuk menangkap tersangka tanpa surat perintah, melakukan pencarian dan memberlakukan jam malam. Di bawah keadaan darurat sebelumnya yang diberlakukan selama konflik Tigray, puluhan ribu etnis Tigrayan ditangkap di seluruh negeri.

Kali ini, “telah terjadi penangkapan luas terhadap warga sipil yang berasal dari etnis Amhara,” kata komisi hak asasi itu.

Dua pengacara mengatakan tindakan darurat juga tampaknya berlaku di ibu kota, Addis Ababa, tempat para tersangka ditahan di kantor polisi, sekolah, dan pusat penahanan darurat lainnya setelah tersapu dari jalanan. Para pengacara, seperti yang lainnya, berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

Seorang pengacara mengatakan dia mengunjungi tujuh sekolah dan kantor polisi pekan lalu di mana "ratusan" orang ditahan. Pengacara lainnya, mengutip sumber kepolisian, mengatakan 3.000 orang telah ditangkap di Addis Ababa.

Pengacara ketiga mengatakan dia bertemu dengan beberapa pemuda pekan lalu di kantor polisi dan pengadilan di Addis Ababa yang telah ditangkap dan dituduh memiliki hubungan dengan milisi Fano.

Seorang pria, seorang etnis Amhara, mengatakan dia dijemput dari jalan pekan lalu oleh petugas polisi berpakaian preman yang mendengar dia membahas kerusuhan baru-baru ini di telepon. Dia mengatakan dia ditahan di sebuah sekolah bersama ratusan orang lainnya sebelum dibawa ke kantor polisi. Dia dibebaskan pada hari Kamis tanpa tuntutan apapun.

Pria lain mengatakan saudara laki-lakinya ditangkap di Addis Ababa sehari sebelum keadaan darurat diumumkan dan ditahan di sebuah sekolah bersama beberapa ratus orang lainnya. Sebagian besar tahanan di sana adalah anak laki-laki, kata pria yang sudah dua kali menjenguk saudaranya itu.

Pemerintah federal mengatakan hanya 23 orang telah ditangkap di bawah keadaan darurat di Addis Ababa. Itu termasuk Christian Tadele, seorang anggota parlemen oposisi yang blak-blakan yang seharusnya memiliki kekebalan dari penangkapan berdasarkan Konstitusi Ethiopia sebagai anggota parlemen.

"(Tidak) ada tersangka yang ditangkap selain dari 23 orang ini dan informasi yang beredar bahwa ada penangkapan massal adalah salah," kata layanan komunikasi pemerintah federal, Jumat.

Komisi Hak Asasi Manusia telah mendesak agar keadaan darurat dibatasi menjadi satu bulan dan "di tempat tertentu di mana bahaya khusus dikatakan telah terjadi, daripada menerapkannya di seluruh negeri." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home