Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 01:15 WIB | Kamis, 03 Oktober 2013

Dua Mahasiswa Terpilih Menjadi Duta Muda Lingkungan Bayer 2013

Atika Putri Astrini dari Universitas Padjajaran Bandung di sebelah kiri dan Saiful Syadir dari Universitas Hassanudin Makasar di sebelah kanan mengapit Presiden Direktur PT Bayer Indonesia Thomas-Peter Hausner. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Atika Putri Astrini dari Universitas Padjajaran Bandung dan Saiful Syadir dari Universitas Hassanudin Makasar terpilih mewakili Indonesia sebagai Duta Muda Lingkungan Bayer (Bayer Young Environmental Envoy, BYEE) 2013 dari 11 duta muda seluruh Indonesia. Keduanya akan mewakili Indonesia dalam forum lingkungan internasional di Leverkusen Jerman pada 11-15 November 2013 mendatang setelah berhasil meyakinkan para yuri dengan proyek lingkungan mereka.

Di Jerman mereka akan mempelajari pelbagai tren dan sudut pandang perlindungan lingkungan serta konsep pembangunan berkelanjutan. Terpilihnya keduanya disampaikan dalam acara ‘Penganugerahan Pemenang Bayer Young Environmental Envoy 2013’ di Jakarta pada hari Rabu (2/10).

Saiful Syadir terpilih dengan proyek rehabilitasi mangrove untuk melestarikan ekosistem pantai dan memberdayakan masyarakat di Pulau Tanakeke, Takalar, Sulawesi Selatan. Saiful Syadir terjun langsung ke masyarakat dan membuka aktivitas ekonomi alternative bagi penduduk di sana. Sementara Atika Putri Astrini mengusung proyek mengubah perilaku penggunaan kantung belanja plastik melalui sistem tas belanja cerdas bernama Vertesac. Melalui proyek ini Atika Putri Astrini berhasil memenangkan ‘The Best Project’ BYEE Indonesia 2013 dan akan mewakili Indonesia dalam kompetisi global BYEE.

BYEE merupakan kerjasama antara perusahaan farmasi dan pertanian Bayer dan United Nations Environment Program (UNEP) untuk mendidik generasi muda tentang permasalahan lingkungan. Program ini dimulai pada tahun 1998 dan berfokus pada negara-negara berkembang.

Presiden Direktur PT Bayer Indonesia Thomas-Peter Hausner mengatakan, ”Bayer melihat bahwa keterlibatan generasi muda dalam menghadirkan solusi penanganan permasalahan lingkungan menjadi faktor penentu utama atas masa depan komunitas asal mereka. generasi muda ini masih mempunyai semangat, antusiasme dan cita-cita yang menyala-nyala serta ingin membuat perubahan. Berangkat dari sebuah proyek lingkungan, mereka memulai perjalanan dengan misi memberikan kontribusi yang lebih besar, dan kami sangat bangga akan mereka.”

“Selama bertahun-tahun, Bayer terus memberikan dukungan terhadap pelaksanaan program lingkungan oleh para generasi muda. Melalui kerjasama dengan UNEP, Bayer menyelenggarakan dan menyuarakan pelbagai proyek yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para generasi muda akan lingkungan sembari mendukung mereka membuktikan komitmennya terhadap lingkungan.” Lanjut Thomas-Peter Hausner.

Turut juga terlibat mendukung kegiatan BYEE dalam tiga tahun terakhir adalah RARE dan Wildlife Conservation Society (WCS). 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home