Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:34 WIB | Senin, 10 Juli 2023

Dua Serangan Bom Mobil di Suriah, Delapan Orang Tewas

Pasukan keamanan dan warga sipil berkumpul di lokasi pengeboman di kota Qamishli yang mayoritas penduduknya Kurdi Suriah di timur laut provinsi Hasakah, pada 11 November 2019. (Foto: dok. AFP)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Dua serangan teror bom mobil menewaskan sedikitnya delapan orang termasuk tiga anak dalam dua insiden terpisah pada hari Minggu (9/7) di Suriah utara, kata seorang pemantau perang.

Satu ledakan menghantam sebuah bengkel mobil di Shawa, sebuah desa dekat perbatasan Turki yang dikuasai oleh pejuang pro Ankara, kata penduduk.

Lima warga sipil termasuk tiga anak tewas dan 10 lainnya terluka, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Area yang dikuasai oleh Turki dan proksi Suriahnya di Suriah utara adalah tempat pembunuhan, pengeboman, dan bentrokan rutin antara kelompok-kelompok bersenjata.

Dalam insiden kedua, alat peledak yang ditanam di sebuah kendaraan menewaskan tiga pejuang yang berafiliasi dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi di kota Manbij, menurut Observatorium.

Manbij adalah bekas kubu ISIS yang kini dipegang oleh dewan militer yang berafiliasi dengan SDF yang didukung Amerika Serikat.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tersebut.

Perang Suriah pecah pada tahun 2011 dengan represi brutal terhadap protes anti pemerintah. Sejak itu telah berkembang menjadi konflik kompleks yang melibatkan ekstremis dan kekuatan asing, dan telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dan membuat jutaan orang mengungsi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home