Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 19:40 WIB | Sabtu, 01 Juli 2023

PBB: 90 Persen Penduduk Suriah di Bawah Garis Kemiskinan

Bendera Suriah di ibu kota Damaskus. (Foto: dok. Ist)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Kepala badan kemanusiaan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada Kamis (29/6)  memperingatkan bahwa konflik 12 tahun di Suriah telah mendorong 90% penduduknya ke bawah garis kemiskinan, dan jutaan orang menghadapi pemotongan bantuan makanan bulan depan karena kekurangan dana.

Martin Griffiths mengatakan bahwa permohonan kemanusiaan PBB sebesar US$ 5,4 miliar untuk Suriah, yang terbesar di dunia, hanya mendapat 12%, yang berarti bahwa bantuan pangan darurat untuk jutaan warga Suriah dapat dipotong sebesar 40% pada bulan Juli.

Griffiths menyampaikan berita suram kepada Dewan Keamanan PBB bersama dengan seruan kepada anggota untuk memperbarui otorisasi pengiriman bantuan ke barat laut Turki yang dikuasai pemberontak negara itu, yang berakhir 10 Juli.

Tetapi duta besar Rusia untuk PBB, yang negaranya merupakan sekutu terpenting Suriah, menyebut pengiriman bantuan lintas batas sebagai “permainan tanpa hasil” yang merusak kedaulatan Suriah, mendiskriminasi wilayah yang dikuasai pemerintah, dan memicu kelompok bersenjata ilegal termasuk “teroris di Idlib.”

Konflik Suriah yang berubah menjadi pemberontakan, sekarang masuk tahun ke-13, telah menewaskan hampir setengah juta orang dan menelantarkan setengah dari populasi sebelum perang yang berjumlah 23 juta. Gempa bumi berkekuatan 7,8 yang mematikan mengguncang sebagian besar Suriah pada bulan Februari, semakin menambah kesengsaraannya.

Griffiths, wakil sekretaris jenderal urusan kemanusiaan yang kembali hari Rabu dari Damaskus, mengatakan rakyat Suriah menghadapi “tantangan kemanusiaan yang mendalam.”

Dia mengatakan mereka berkumpul pada hari Kamis pada hari suci Idul Adha “dengan lebih sedikit makanan di piring mereka, sedikit bahan bakar di kompor mereka, dan air terbatas di rumah mereka” dan kesulitan mereka datang pada saat PBB dan mitra kemanusiaannya memiliki sarana yang terbatas untuk membantu.

Dibantah, Tuduhan Rusia pada Barat

Duta Besar Rusia, Vassily Nebenzia, mengatakan permohonan kemanusiaan darurat sebesar US$ 397 juta untuk membantu korban gempa didanai pada bulan-bulan pertama, tetapi keseluruhan permohonan PBB untuk Suriah hanya didanai 12% menjelang akhir Juni.

Dan dia menuduh Amerika Serikat dan sekutunya membelanjakan jauh lebih banyak untuk senjata untuk Ukraina daripada US$ 55 miliar yang dicari PBB untuk kebutuhan kemanusiaan global tahun ini, dengan mengatakan “ini menjabarkan prioritas Barat dengan sangat jelas.”

Duta Besar Inggris untuk PBB, Barbara Woodward, membalas bahwa janji Inggris sebesar US$ 190 juta pada tanggal 15 Juni membuat kontribusi mereka ke Suriah menjadi lebih dari US$ 4,8 miliar sampai saat ini dan berkata: “Saya menantikan Rusia mengumumkan kontribusinya pada waktunya menyusul pengumuman baru-baru ini bahwa Rusia membelanjakan US$2 miliar per tahun untuk (tentara bayaran) Wagner Group.”

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Selasa (27/6), setelah pendiri kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, dan pasukannya melancarkan pemberontakan di dalam Rusia, bahwa Wagner dan pendirinya telah menerima hampir US$2 miliar dari pemerintah Rusia pada tahun lalu.

Woodward, yang mengunjungi perbatasan Turki-Suriah awal bulan ini, menggemakan seruan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, untuk perpanjangan 12 bulan otorisasi pengiriman bantuan lintas batas untuk memastikan akses kemanusiaan ke 4,1 juta orang di barat laut Suriah.

Pada bulan Januari, dewan menyetujui resolusi yang memperpanjang pengiriman bantuan kemanusiaan ke Idlib selama enam bulan hingga 10 Juli seperti yang diminta Rusia. Banyak orang yang berlindung di daerah tersebut telah mengungsi secara internal akibat konflik.

Resolusi tersebut mengizinkan pengiriman bantuan untuk dilanjutkan melalui penyeberangan Bab al-Hawa, tetapi setelah gempa bumi Presiden Suriah, Bashar Al Assad, mengizinkan bantuan untuk melewati dua penyeberangan tambahan di Bab al-Salameh dan al-Rai.

Wakil Duta Besar AS, Jeffrey DeLaurentis, yang mengatakan Amerika Serikat membuat komitmen terbesarnya ke Suriah sebesar US$ 920 juta pada 15 Juni, menyebutnya "penting" untuk menjaga ketiga penyeberangan tetap terbuka selama 12 bulan. Dia mengutip laporan terbaru Guterres yang mengatakan kurang dari itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan di barat laut yang tidak pernah sebesar ini. Sekjen PBB menyebutnya “keharusan moral dan kemanusiaan.”

Rusia dan Suriah telah mendesak pengiriman bantuan ke barat laut melintasi garis konflik dan kepala bantuan PBB Griffiths mengatakan konvoi 10 truk dari Aleppo baru-baru ini melakukan perjalanan dari Aleppo ke Idlib dengan aman, dengan bantuan untuk sekitar 22.000 orang. Tetapi Nebenzia Rusia menolaknya sebagai satu-satunya pengiriman lintas batas dalam enam bulan terakhir “jelas waktunya bertepatan dengan pertemuan hari ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home