Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:30 WIB | Rabu, 16 Maret 2022

Dua Wartawan Tewas Ketika Kendaraan Mereka Ditembak di Ukraina

Gambar yang dirilis oleh Fox News Channel ini menunjukkan juru kamera Pierre Zakrzewski saat bertugas dengan rekan-rekannya, koresponden Fox News, Steve Harrigan, dan produser senior yang berbasis di Yerusalem Yonat Friling, latar belakang kanan, di Kiev. Zakrzewski tewas di Ukraina pada Senin, 14 Maret 2022, ketika kendaraan yang ditumpanginya terkena tembakan. Zakrzewski adalah seorang fotografer perang yang telah meliput konflik di Irak, Afghanistan dan Suriah untuk Fox. (Foto: Pierre Zakrzewski/Fox News via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Seorang videografer senior dan jurnalis Ukraina berusia 24 tahun yang bekerja untuk Fox News, keduanya tewas ketika kendaraan mereka diserang di luar Kiev, kata jaringan itu pada hari Selasa (16/3).

Pierre Zakrzewski, 55 tahun, dan Oleksandra "Sasha" Kuvshynova (24 tahun) melakukan perjalanan pada hari Senin (14/3) di Horenka dengan reporter Fox News Benjamin Hall, yang sekarang masih dirawat di rumah sakit.

“Hari ini adalah hari yang memilukan bagi Fox News Media dan bagi semua jurnalis yang mempertaruhkan hidup mereka untuk menyampaikan berita,” kata CEO jaringan, Suzanne Scott dalam memo pada staf.

Pada hari Minggu, pembuat film dokumenter Brent Renaud, veteran lain yang meliput zona perang, tewas ketika pasukan Rusia menembaki kendaraannya di Irpin, juga di luar Kiev.

Kematian tiga jurnalis dalam waktu singkat menggarisbawahi bahaya yang dihadapi oleh orang-orang yang mencatat perang di Ukraina, bahkan mereka yang memiliki pengalaman luas meliput dari zona konflik.

Bahaya bagi jurnalis tampaknya semakin meningkat dari hari ke hari, karena pertempuran tampaknya semakin brutal dan terkonsentrasi di lebih banyak daerah perkotaan, kata Summer Lopez, direktur Program Ekspresi Bebas di PEN America.

Zakrzewski, seorang warga negara Irlandia yang berbasis di London, telah meliput konflik di Irak, Afghanistan dan Suriah untuk Fox dan memenangkan penghargaan "pahlawan tanpa tanda jasa" internal karena memainkan peran kunci tahun lalu dalam mengeluarkan pekerja lepas Fox dan keluarga mereka dari Afghanistan setelah penarikan pasukan Amerika Serikat. Dia telah bekerja di Ukraina sejak Februari.

"Pria yang sangat baik," tweet reporter keamanan nasional Fox, Jennifer Griffin. Trey Yingst, kolega lain yang bekerja dengan Zakrzewski di Ukraina, menyebutnya "sebaik mereka datang."

Kuvshynova adalah "pemecah masalah" lokal, seperti yang dikenal di zona perang. Dia membantu kru Fox menavigasi daerah Kiev, mengumpulkan informasi dan berbicara dengan sumber. Dia memiliki hasrat untuk musik, seni dan fotografi, kata Scott dalam memo staf.

"Beberapa koresponden dan produser kami menghabiskan hari-hari yang panjang dengannya untuk melaporkan berita dan mengenalnya secara pribadi, menggambarkannya sebagai pekerja keras, lucu, baik hati, dan pemberani," tulis Scott.

“Mimpinya adalah untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dan menceritakan kisah mereka dan dia memenuhi itu melalui jurnalismenya.”

Di Washington pada hari Selasa (16/3), duta besar Ukraina untuk Amerika Serikat, Oksana Markarova, mengucapkan terima kasih kepada wartawan yang berada di lapangan di Ukraina. “Mempertaruhkan hidup mereka untuk mengatakan yang sebenarnya kepada dunia” adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan Ukraina dan dunia, katanya di National Press Club.

Jane Ferguson, koresponden “NewsHour” PBS di Ukraina yang juga melaporkan dari Afghanistan, Irak, Somalia dan Suriah, mengatakan di Twitter bahwa perang “sangat sulit untuk diliput sebagai reporter lapangan, tidak seperti yang pernah saya lihat atau alami sebelumnya. ”

Dengan tembakan artileri intens yang bisa mencapai bermil-mil dan posisi tentara yang tidak jelas, benar-benar tidak ada garis depan, tulis Ferguson.

Ferguson mengatakan dia dan krunya baru-baru ini ditarik keluar dari mobil mereka di bawah todongan senjata oleh tentara Ukraina yang secara keliru mengira mereka sedang difilmkan dari mobil. Para jurnalis dilambaikan kredensial mereka dan diperiksa, "tetapi selama beberapa menit itu sangat buruk."

Ada beberapa jurnalis yang secara resmi bergabung dengan pasukan, seperti yang mereka lakukan di Irak dan Afghanistan, misalnya, begitu banyak reporter yang berkeliling secara independen, dan tanpa intelijen yang baik, yang sangat berbahaya, kata Ferguson.

Dalam sebuah wawancara, reporter ABC News, Martha Raddatz, mengatakan Ukraina mengingatkannya untuk meliput pengepungan Sarajevo karena tidak ada pasukan AS di sana.

"Itu adalah hal yang besar bagi saya," katanya. "Anda menyadari. Tidak ada orang Amerika di sini. Tidak ada perlindungan bagi kami di sini.’ Saya pikir Anda sangat menyadarinya.”

Gulnoza Said, koordinator Program Eropa dan Asia Tengah untuk Komite Perlindungan Jurnalis, telah mendengar dari wartawan di Ukraina yang khawatir tentang pos pemeriksaan di mana tidak jelas apakah mereka akan menyerang tentara Rusia atau Ukraina.

Dia mengatakan para jurnalis mengatakan kepadanya bahwa mereka khawatir bahwa pihak berwenang Ukraina mungkin berusaha membatasi area dan jam kerja mereka.

"Saya perlu mencari tahu persis apa yang ingin mereka lakukan," katanya. “Saya harap itu bukan karena mereka ingin mengontrol narasi perang.”

Berita kematian Zakrzewski sangat memukul pada hari Selasa di Irlandia. Perdana Menteri Irlandia Michael Martin mengatakan dia sangat terganggu dengan berita itu. “Pikiran saya bersama keluarga, teman, dan sesama jurnalis mereka,” kata Martin. “Kami mengutuk perang tanpa pandang bulu dan tidak bermoral ini oleh Rusia di Ukraina.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home