Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:18 WIB | Senin, 14 Maret 2022

Jurnalis Amerika Serikat Ditembak Tentara Rusia di Ukraina

Jurnalis Amerika Serikat Ditembak Tentara Rusia di Ukraina
Brent Renaud menghadiri Penghargaan Peabody Tahunan ke-74 di Cipriani Wall Street pada 31 Mei 2015, di New York. Renaud, seorang jurnalis Amerika, tewas di pinggiran kota Kiev, Ukraina, pada Minggu, 13 Maret 2022, saat mengumpulkan bahan untuk laporan tentang pengungsi. Pihak berwenang Ukraina mengatakan dia meninggal ketika pasukan Rusia menembaki kendaraan yang dia tumpangi. (Foto: dok. AP/Charles Sykes)
Jurnalis Amerika Serikat Ditembak Tentara Rusia di Ukraina
Prajurit Ukraina membawa mayat dengan tandu saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di kota Irpin di luar Kiev, Ukraina, pada hari sabtu 12 Maret 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Seorang jurnalis Amerika ditembak dan dibunuh oleh pasukan Rusia di kota Irpin di wilayah Kiev, Ukraina, dan seorang jurnalis lainnya terluka, kata kepala polisi regional Kiev, Andriy Nyebytov, pada hari Minggu (13/3).

Sebelumnya, AFP telah mengutip petugas medis dan saksi yang mengatakan bahwa seorang jurnalis AS ditembak mati dan seorang lagi terluka pada hari Minggu di Irpin, pinggiran barat laut Kiev.

Danylo Shapovalov, seorang ahli bedah yang menjadi sukarelawan untuk pertahanan wilayah Ukraina, mengatakan salah satu dari orang Amerika itu tewas seketika dan dia telah merawat yang lain. Wartawan AFP di Irpin melihat jenazah korban.

Kepala polisi regional Kiev, Nyebytov, awalnya mengatakan bahwa jurnalis yang tewas itu bekerja untuk New York Times. Namun, Times mengatakan bahwa wartawan itu sebelumnya bekerja untuk surat kabar itu tetapi saat ini tidak bekerja untuk media itu. The Times menyebut jurnalis itu sebagai Brent Renaud.

“Kami sangat sedih mendengar kematian Brent Renaud. Brent adalah seorang fotografer dan pembuat film berbakat yang telah berkontribusi pada The New York Times selama bertahun-tahun,” kata The Times dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter oleh juru bicaranya.

“Meskipun dia telah berkontribusi pada The Times di masa lalu (paling baru pada tahun 2015), dia tidak sedang ditugaskan untuk desk mana pun di The Times di Ukraina,” katanya.

“Laporan awal bahwa dia bekerja untuk Times beredar karena dia mengenakan lencana pers Times yang telah dikeluarkan untuk tugas bertahun-tahun yang lalu.”

Nyebytov mengatakan bahwa Renaud ditembak oleh pasukan Rusia di Irpin, tetapi tidak memberikan rincian insiden tersebut. Dia tidak mengidentifikasi wartawan yang terluka itu.

“Wartawan lain terluka. Kami saat ini berusaha membawa korban keluar dari zona pertempuran,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan, berbicara kepada CNN mengatakan akan berkonsultasi dengan sekutu dan mitra untuk mempelajari lebih lanjut tentang laporan kematian jurnalis AS di dekat Kiev. (AFP/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home