Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:38 WIB | Jumat, 09 Juni 2023

Ekonomi Eropa Terkontraksi Dampak Inflasi dan Terhentinya Gas Rusia

Antonia Kalantzi, 38 tahun, berbelanja di toko bahan makanan di Athena, Yunani, pada 16 Februari 2022. Perekonomian Eropa mengalami sedikit kontraksi pada akhir tahun lalu dan awal tahun 2023, angka yang direvisi menunjukkan pada hari Kamis, 8 Juni 2023 , menggarisbawahi dampak dari hilangnya gas alam Rusia dan inflasi yang tinggi pada belanja konsumen. (Foto: dok. AP/Petros Giannacouris)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Perekonomian Eropa sedikit berkontraksi pada akhir tahun lalu dan awal 2023, angka yang direvisi menunjukkan pada hari Kamis (8/6), menggarisbawahi dampak hilangnya gas alam Rusia dan inflasi yang tinggi pada belanja konsumen.

Output ekonomi di 20 negara yang menggunakan mata uang euro turun 0,1% dalam tiga bulan terakhir tahun 2022 dan tiga bulan pertama tahun ini dari kuartal sebelumnya, menurut badan statistik Uni Eropa Eurostat.

Itu berarti zona euro mengalami penurunan dua kuartal berturut-turut, yang merupakan salah satu definisi resesi yang sering digunakan dalam diskusi politik dan ekonomi, yang disebut sebagai resesi "teknis".

Namun, para ekonom di panel yang menyatakan resesi zona euro menggunakan kumpulan data yang lebih luas, termasuk angka pengangguran. Dan pasar tenaga kerja Eropa telah menahan guncangan ekonomi baru-baru ini: Pengangguran berada pada level terendah sejak sebelum pembentukan euro pada tahun 1999, mencapai 6,5% pada bulan April.

Pergeseran kecil dalam jumlah tidak mengubah apa yang sudah dialami rumah tangga: kenaikan harga di toko bahan makanan, membayar lebih banyak bunga untuk hipotek mereka dan berjuang untuk mendapatkan upah yang sesuai dengan kenaikan biaya hidup.

“Mungkin sebelumnya saya membeli lebih banyak produk yang tidak saya butuhkan, seperti keripik kentang misalnya,” kata Milo Taneron, pekerja sosial remaja berusia 26 tahun, saat berbelanja di supermarket Paris baru-baru ini.

“Nah, untuk produk-produk tertentu, saya terpaksa membeli dari merek-merek murah, turun level untuk bisa membeli produk-produk tersebut,” kata Taneron.

Akan Tumbuh Sedikit

Dengan inflasi dan suku bunga yang tinggi memukul keras rumah tangga dan memaksa mereka untuk mengurangi pengeluaran, beberapa analis mengatakan mereka memperkirakan ekonomi akan berkontraksi lebih lanjut tahun ini. Tetapi Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan mengatakan pekan ini bahwa mereka mengharapkan pertumbuhan yang kecil sebesar 0,9% di kawasan euro tahun ini.

Bert Colijn, ekonom senior zona euro untuk bank ING, mengatakan "sulit untuk membantah bahwa ini adalah lingkungan resesi" karena penurunannya sangat kecil dan pasar kerja sangat kuat. “Secara keseluruhan, ekonomi zona euro kembali kacau,” katanya dalam sebuah catatan.

Krisis ekonomi datang sebagai krisis energi melanda Eropa tahun lalu. Dukungannya untuk Ukraina yang dilanda perang membuat Rusia menghentikan sebagian besar gas alamnya, yang diandalkan benua itu untuk menghasilkan listrik, pabrik, dan pemanas rumah.

Itu memicu tagihan energi yang sangat tinggi untuk konsumen dan bisnis, melonjaknya inflasi ke tingkat rekor, dan menimbulkan kekhawatiran penjatahan dan pemadaman listrik. Pemerintah dan utilitas berebut untuk mengatur pasokan alternatif gas alam cair dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan Qatar, menghindari pemutusan utilitas bencana yang telah dikhawatirkan tahun lalu.

Harga energi telah jatuh ke tingkat yang terlihat sebelum Rusia menginvasi Ukraina, tetapi inflasi yang terus-menerus dan suku bunga yang lebih tinggi yang digunakan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk memerangi lonjakan harga telah membebani pertumbuhan ekonomi dengan membuat kredit untuk pembelian rumah atau ekspansi bisnis menjadi lebih mahal.

ECB diperkirakan akan melanjutkan serangkaian kenaikan suku bunga pada pertemuan 15 Juni dan tetap membuka pintu untuk menaikkan lebih jauh dari itu.

Presiden Bank, Christine Lagarde, pekan ini menekankan perlunya menurunkan inflasi, yang turun menjadi 6,1% pada bulan Mei tetapi masih di atas target ECB sebesar 2%, karena hal itu membebani orang-orang biasa.

Komentarnya mengikuti angka terbaru dari Jerman yang menunjukkan bahwa ekonomi terbesar Eropa itu secara tak terduga menyusut dalam tiga bulan pertama tahun ini, menandai kontraksi kuartal kedua.

Produk domestik bruto Irlandia, total output barang dan jasa, paling menurun di zona euro pada awal tahun, turun 4,6%, diikuti oleh Lituania turun 2,1% dan Belanda turun 0,7%.

Eurostat sebelumnya memperkirakan bahwa zona euro tidak berkembang pada kuartal keempat tahun 2022 dan hanya melihat sedikit pertumbuhan 0,1% pada kuartal pertama tahun ini. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home