Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Minggu, 30 April 2023

Elon Musk Berencana Luncurkan Paket Pembayaran Per Artikel di Twitter

Elon Musk terlihat melalui logo Twitter dalam ilustrasi ini diambil 28 Oktober 2022. (Foto: dok.Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Elon Musk pada hari Sabtu (29/4) mengumumkan rencana untuk platform Twitter-nya untuk memungkinkan penerbit media menagih pengguna berdasarkan per artikel dengan satu klik.

“Ini memungkinkan pengguna yang tidak mendaftar untuk berlangganan bulanan untuk membayar harga per artikel yang lebih tinggi ketika mereka ingin membaca artikel sesekali,” kata pengusaha miliarder itu di Twitter. Dia menambahkan, “Harus menjadi win-win utama untuk keduanya, organisasi media & publik.”

Dia mengatakan rencana itu akan dimulai bulan depan, tetapi tidak memberikan perincian tentang harga pasti atau pemotongan apa yang akan dilakukan Twitter.

Pengumuman itu muncul saat Musk berjuang, di tengah kontroversi yang sering terjadi, untuk membuat Twitter menguntungkan.

Organisasi media telah bergulat selama bertahun-tahun dengan cara merumuskan rencana berlangganan yang membayar biaya operasi mereka bahkan ketika pembaca telah terbiasa mendapatkan berita gratis di internet.

Rencana Musk menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana tepatnya dia berharap untuk membuat pendekatan pembayaran mikro berhasil ketika yang lain gagal.

Wartawan Inggris, James Ball, mencantumkan beberapa masalah dengan pembayaran mikro, sebuah ide, tulisnya di Columbia Journalism Review, yang "pasti terjadi pada penerbit besar di seluruh planet ini."

Banyak pembaca hanya akan mengklik saat menghadapi paywall, katanya. Dan penerbit "jauh" lebih suka mendaftar pelanggan penuh waktu, yang menghasilkan pendapatan iklan jauh lebih banyak daripada 20 sen atau lebih dari penjualan satu artikel.

Beberapa orang yang memposting di Twitter mengajukan keberatan lain. Pendekatan per artikel, kata mereka, dapat mendorong berkembangnya "umpan klik", yang mungkin menguntungkan penerbit besar daripada penerbit kecil, dan tidak jelas bahwa penulis, bukan hanya grup berita, akan mendapatkan keuntungan.

Tetapi beberapa di Twitter bereaksi positif. “Ide bagus,” cuit pengguna Greg Autry. “Sebagai penulis yang sering menerbitkan publikasi seperti Forbes, Kebijakan Luar Negeri, dan Ad Astra, saya sering merasa frustrasi ketika pekerjaan saya berakhir di belakang paywall yang tidak ingin dilanggan oleh pengikut saya. Ini adalah solusi yang tepat.”

Dan Carlos Gil, penulis buku tentang pemasaran, tweeted: “Akhirnya, bayar-per-tayang untuk berita yang tidak akan membuat Anda merasa seperti membeli bir stadion yang terlalu mahal. Dapatkan artikel Anda à la carte dan buat dompet Anda senang. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home