Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 18:44 WIB | Sabtu, 29 April 2023

Pemimpin BBC Mundur Terkait Skandal Kredit Mantan PM Boris Johnson

Layar yang menampilkan laporan berita melalui jendela BBC, setelah ketua Richard Sharp mengumumkan dia berhenti sebagai ketua BBC, di London, Jumat 28 April 2023. (Foto: Jordan Pettitt/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pimpinan media Inggris, BBC, berhenti Jumat (28/4) setelah sebuah laporan menemukan dia gagal mengungkapkan potensi konflik kepentingan atas perannya dalam mengatur pinjaman lebih dari dua tahun lalu untuk mantan Perdana MenteriBoris Johnson, karena skandal itu terus mengguncang kehidupan publik Inggris.

Penyiaran nasional yang didanai publik berada di bawah tekanan politik setelah terungkap bahwa Richard Sharp membantu mengatur jalur kredit beberapa pekan sebelum dia diangkat ke pos BBC atas rekomendasi pemerintah.

Jalur kredit 800.000 pound (setara Rp 15 miliar) berasal dari pengusaha kaya Kanada Sam Blyth, sepupu jauh Johnson. Itu difasilitasi oleh Sharp, mantan bankir Goldman Sachs dan donor Partai Konservatif, yang mengatur pertemuan antara Blyth dan pegawai negeri sipil Inggris untuk membahas tawaran bantuan keuangan Blyth.

Johnson saat itu adalah pemimpin Partai Konservatif sekaligus perdana menteri Inggris.

Sebuah laporan tentang episode oleh pengacara senior Adam Heppinstall yang diterbitkan hari Jumat menemukan Sharp "gagal mengungkapkan potensi konflik kepentingan yang dirasakan."

Laporan tersebut menemukan Sharp tidak mengungkapkan perannya dalam jaminan pinjaman kepada panel penunjukan BBC sebelum dia ditunjuk sebagai ketua pada awal 2021.

“Ada risiko persepsi bahwa Tuan Sharp direkomendasikan untuk diangkat karena dia membantu mantan perdana menteri dalam masalah keuangan pribadi,” tulis Heppinstall dalam laporannya. “Mungkin ada risiko persepsi bahwa Mr. Sharp tidak akan independen dari mantan perdana menteri, jika diangkat,” katanya.

Sharp mengatakan dia akan tetap dalam perannya di BBC hingga akhir Juni sementara mencari penggantinya. Dia mengatakan dia membuat pelanggaran "tidak sengaja" terhadap aturan pengungkapan dan berhenti untuk "memprioritaskan kepentingan BBC."

“Saya merasa masalah ini mungkin akan mengganggu kerja bagus korporasi jika saya tetap menjabat sampai akhir masa jabatan saya,” katanya.

Sharp adalah yang terbaru dari serangkaian politisi dan pejabat yang dijatuhkan melalui hubungan mereka dengan Johnson, seorang politisi karismatik dan kacau yang menjadi perdana menteri pada 2019 dan memimpin Inggris keluar dari Uni Eropa pada tahun berikutnya.

Johnson sendiri terpaksa berhenti tahun lalu setelah serangkaian skandal tentang uang, etika, dan penilaian menjadi terlalu berat untuk ditanggung oleh rekan-rekan Partai Konservatifnya.

Ketika dia menjabat, pengaturan keuangan Johnson memicu penyelidikan atas pendanaan renovasi kediaman resmi perdana menteri, yang dikenal sebagai skandal "uang tunai untuk tirai," dan siapa yang membayar liburan untuk Johnson di pulau Mustique di Karibia.

Johnson juga termasuk di antara puluhan orang yang didenda oleh polisi tahun lalu karena menghadiri pesta pelanggar hukum di gedung-gedung pemerintah selama lockdown COVID-19. Skandal "partygate" membantu mempercepat berakhirnya jabatan perdana menteri.

Pengunduran diri Sharp menyelamatkan perdana menteri saat ini, Rishi Sunak, dari keharusan memutuskan apakah akan memecatnya. Sunak, mantan bankir yang pernah bekerja di bawah Sharp di Goldman Sachs, telah mencoba memulihkan stabilitas pemerintahan setelah tiga tahun penuh gejolak di bawah Johnson dan tujuh pekan jungkir balik di bawah penggantinya, Liz Truss, yang berhenti pada bulan September setelah rencana ekonomi pemotongan pajak menyebabkan kekacauan keuangan.

Politisi oposisi menuduh pemerintah Konservatif merusak ketidakberpihakan BBC. "Pelanggaran ini telah menyebabkan kerusakan yang tak terhitung pada reputasi BBC dan secara serius merusak independensinya sebagai akibat dari kebatilan dan kronisme Konservatif," kata juru bicara budaya Partai Buruh Lucy Powell.

Investigasi pinjaman adalah episode tidak nyaman terbaru untuk BBC yang berusia 100 tahun, yang didanai oleh biaya lisensi tahunan 159 pound yang dibayarkan oleh semua rumah tangga yang memiliki televisi dan diawasi oleh dewan yang mencakup nominasi BBC dan pejabat pemerintah.

Penyiaran publik memiliki kewajiban untuk tidak memihak dalam liputan beritanya tetapi seringkali merupakan “sepak bola politik”, dengan beberapa anggota pemerintah Konservatif melihat kemiringan kiri dalam keluaran beritanya dan beberapa liberal menuduhnya memiliki bias konservatif.

BBC dilanda badai kebebasan berbicara dan bias politik pada bulan Maret ketika presenter olahraga terkemuka, mantan pemain sepak bola Inggris Gary Lineker, mengkritik kebijakan imigrasi pemerintah di media sosial.

Lineker diskors, dan kemudian dipulihkan setelah presenter olahraga, analis, dan pemain Liga Premier lainnya memboikot gelombang udara BBC sebagai bentuk solidaritas. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home