Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 13:23 WIB | Selasa, 28 November 2023

Elon Musk, Dikecam Karena Konspirasi Anti Yahudi, Kunjungi Israel

Miliarder AS, Elon Musk, kiri, dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, tengah, melakukan tur ke Kfar Aza, 27 November 2023. (Foto: Amos Ben Gershom/GPO via ToI)

YERUSALEM, MSATUHARAPAN.COM-Elon Musk, yang mendapat kecaman karena mendukung teori konspirasi antisemit dan tuduhan kebencian yang lebih luas yang berkembang di platform media sosialnya X, mengunjungi Israel, di mana ia mengunjungi kibbutz yang diserang oleh militan Hamas dan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin tinggi.

Miliarder itu bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog, yang memarahinya karena konten di platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan bergabung dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk tur ke Kfar Azza kibbutz, sebuah desa pedesaan yang diserbu militan Hamas pada 7 Oktober di serangan mematikan yang memicu perang.

Mengenakan rompi pelindung dan dikawal oleh personel keamanan saat hujan turun, Musk menggunakan ponselnya untuk mengambil foto atau video kehancuran, menurut video yang dirilis oleh kantor Netanyahu. Kunjungan Musk terjadi ketika Israel dan Hamas mencapai kesepakatan untuk memperpanjang gencatan senjata selama dua hari lagi.

CEO Tesla dan perdana menteri mengunjungi rumah para korban yang rusak, termasuk keluarga Abigail Edan, seorang gadis berusia empat tahun dengan penyakit ganda Israel-Amerika Serikat. kewarganegaraannya yang disandera oleh Hamas setelah orang tuanya dibunuh. Dia dibebaskan pada hari Minggu dalam putaran terakhir pertukaran selama gencatan senjata di Gaza yang akan berakhir setelah hari Senin.

“Sungguh menggelikan melihat adegan pembantaian itu,” kata Musk dalam percakapan dengan Netanyahu yang disiarkan di X. Dia mengatakan dia merasa terganggu dengan video dan foto yang ditunjukkan perdana menteri kepadanya tentang pembunuhan warga sipil, termasuk anak-anak.

Mereka berbicara secara luas tentang konflik tersebut, protes yang ditimbulkannya, Timur Tengah dan banyak lagi, namun tidak menyentuh antisemitisme secara online. Netanyahu, yang mendesak penghapusan kebencian tersebut dalam pertemuannya dengan Musk pada bulan September, mengatakan dia berharap miliarder itu akan terlibat dalam membangun masa depan yang lebih baik. Musk menjawab, “Saya ingin membantu.”

Herzog memang mengonfrontasi Musk, dengan mengatakan bahwa “sayangnya, platform yang Anda pimpin memiliki banyak kebencian, kebencian terhadap Yahudi, dan antisemitisme.”

Presiden Israel bergabung dalam pertemuan itu dengan beberapa keluarga sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza, menurut pernyataan dari kantor Herzog. “Kebencian terhadap orang Yahudi mempengaruhi perilaku orang-orang di banyak tempat di dunia, dan Anda memiliki peran besar dalam hal ini,” kata Herzog kepada Musk.

Pemilik X menjawab bahwa ini adalah “hari yang sulit secara emosional” setelah tur dan bahwa “kami harus melakukan apa pun yang diperlukan untuk menghentikan kebencian,” menurut kantor Herzog.

Merujuk pada militan Hamas, Musk berkata, “Sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukan manusia jika mereka diberi kebohongan sejak mereka masih anak-anak. Mereka akan berpikir bahwa membunuh orang yang tidak bersalah adalah hal yang baik, yang menunjukkan betapa besarnya propaganda dapat mempengaruhi pikiran orang-orang.”

Musk telah menghadapi tuduhan dari Liga Anti-Pencemaran Nama Baik, sebuah organisasi hak-hak sipil Yahudi terkemuka, dan lainnya karena menoleransi pesan-pesan antisemit di platform tersebut sejak membelinya tahun lalu. Konten di X semakin mendapat perhatian sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai pada bulan Oktober.

Sejumlah merek besar, termasuk Disney dan IBM, bulan ini memutuskan untuk berhenti beriklan di platform tersebut setelah sebuah laporan dari kelompok advokasi liberal Media Matters mengatakan iklan muncul bersamaan dengan konten pro-Nazi dan postingan nasionalis kulit putih.

Pada pekan yang sama, Musk menanggapi pengguna X yang menuduh orang Yahudi membenci orang kulit putih dan mengaku tidak peduli terhadap antisemitisme dengan memposting, “Anda mengatakan kebenaran yang sebenarnya.” Dia telah menghadapi kecaman, termasuk dari Gedung Putih.

Miliarder, yang menggambarkan dirinya sebagai seorang absolutis kebebasan berpendapat, menulis tweet selama kunjungannya ke Israel bahwa “tindakan seperti itu lebih keras dari kata-kata.”

X telah menggugat Media Matters, dengan mengatakan bahwa organisasi nirlaba yang berbasis di Washington membuat laporan tersebut untuk “mengusir pengiklan dari platform tersebut dan menghancurkan X Corp.”

Juru bicara pemerintah Israel, Eylon Levy, menolak mengatakan apakah Musk diundang ke negaranya atau datang sendiri. X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, tidak menanggapi permintaan komentar.

Israel juga menyelesaikan perselisihan dengan Musk mengenai perusahaan internet satelit Starlink miliknya, dan Starlink setuju untuk beroperasi di Gaza hanya dengan persetujuan pemerintah.

“Sebagai hasil dari perjanjian penting ini, unit satelit Starlink hanya dapat dioperasikan di Israel dengan persetujuan Kementerian Komunikasi Israel, termasuk Jalur Gaza,” cuit Menteri Komunikasi Shlomo Karhi.

Keduanya pernah berselisih secara online sebelumnya setelah Musk berjanji bahwa Starlink akan mendukung konektivitas ke kelompok bantuan yang diakui secara internasional di Gaza, yang memicu teguran dari Karhi, yang mengatakan Israel akan melawannya karena Hamas akan menggunakan layanan tersebut untuk kegiatan militan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home