Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:53 WIB | Selasa, 21 Juni 2022

Empat Pemimpin Eropa Menyaksikan Kebrutalan Invasi Rusia

Empat Pemimpin Eropa Menyaksikan Kebrutalan Invasi Rusia
Perdana Menteri Italia Mario Draghi, kiri, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menyaksikan puing-puing saat mereka mengunjungi Irpin, di luar Kiev, Kamis, 16 Juni 2022. Para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Rumania tiba di Kiev pada Kamis dalam sebuah pertunjukan kolektif Dukungan Eropa untuk rakyat Ukraina saat mereka melawan invasi Rusia, menandai kunjungan profil tertinggi ke ibu kota Ukraina sejak Rusia menginvasi tetangganya. (Foto-foto: Ludovic Marin, pool via AP)
Empat Pemimpin Eropa Menyaksikan Kebrutalan Invasi Rusia
Perdana Menteri Italia Mario Draghi, kiri, Kanselir Jerman Olaf Scholz, kedua kiri, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, tengah, Presiden Prancis Emmanuel Macron kedua kanan, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis bertemu untuk sesi kerja di Istana Mariyinsky, di Kyiv, Kamis, 16 Juni 2022.
Empat Pemimpin Eropa Menyaksikan Kebrutalan Invasi Rusia
Presiden Prancis Emmanuel Macron, kiri, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, kanan tengah, dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, tengah, mengunjungi Irpin, Ukraina, Kamis, 16 Juni 2022.

IRPIN, SATUHARAPAN.COM-Empat pemimpin Eropa melakukan kunjungan tingkat tinggi untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Ukraina pada hari Kamis (16/6), mencela kebrutalan invasi Rusia saat mereka mengamati reruntuhan di pinggiran kota Kiev yang menjadi lokasi pertempuran sengit di awal perang dan di mana banyak warga sipil terbunuh.

Setelah tiba di Kiev dengan suara sirene serangan udara, para pemimpin Prancis, Jerman, Italia, dan Rumania menuju ke Irpin, yang direbut dan ditahan sebentar oleh pasukan Rusia bersama dengan daerah lain di dekat ibu kota. Kuburan massal telah digali di daerah itu, terutama di Bucha, dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengecam pembantaian itu dan mengatakan ada tanda-tanda kejahatan perang.

Dia mengecam “barbarisme” serangan yang menghancurkan Irpin, dan memuji keberanian penduduknya dan orang lain di kawasan yang membantu menggagalkan upaya Rusia untuk menguasai ibu kota.

Kunjungan itu, yang termasuk pertemuan dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy, membawa bobot simbolis yang kuat karena tiga kekuatan Eropa Barat telah menghadapi kritik, karena terus terlibat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan gagal menyediakan persenjataan skala besar yang dikatakan Ukraina diperlukan untuk menangkis Rusia.

Senjata Barat adalah kunci keberhasilan mengejutkan Ukraina dalam mencegah Rusia mengambil ibu kota, tetapi para pejabat mengatakan akan dibutuhkan lebih banyak lagi jika mereka ingin mengusir pasukan Moskow.

Para pemimpin juga dikritik karena tidak mengunjungi Kiev lebih awal. Sejumlah pemimpin Eropa lainnya telah melakukan perjalanan panjang darat untuk menunjukkan solidaritas dengan negara yang diserang, bahkan di saat pertempuran berkecamuk lebih dekat ke ibu kota daripada sekarang.

Pada hari Kamis (16/6), para menteri pertahanan NATO bertemu di Brussel untuk mempertimbangkan lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina, dan banyak yang berharap di Ukraina bahwa kunjungan para pemimpin dapat menandai titik balik dengan membuka jalan bagi pasokan senjata baru yang signifikan, terutama ketika para pejabat mengamati kehancuran akibat perang.

Bertujuan Hanya Penaklukan dan Penghancuran

Menjelang pertemuan dengan Zelenskyy, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengamati bahwa para pejabat harus mengingat kehancuran dalam semua keputusan mereka.

“Warga sipil yang tidak bersalah telah dipukul, rumah-rumah telah dihancurkan; seluruh kota telah dihancurkan di mana tidak ada infrastruktur militer sama sekali,” kata Scholz. “Dan itu menunjukkan banyak hal tentang kebrutalan perang agresi Rusia, yang hanya bertujuan untuk penghancuran dan penaklukan. Kami harus mengingat itu dalam segala hal yang kami putuskan.”

Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, mengatakan selama tur Irpin bahwa pendukung Ukraina akan membangun kembali "semuanya" dengan bantuan Eropa. “Mereka menghancurkan pembibitan, taman bermain, dan semuanya akan dibangun kembali,” kata Draghi.

Macron, Scholz dan Draghi, mewakili tiga ekonomi terbesar di Eropa, melakukan perjalanan ke Kiev bersama dengan kereta malam khusus yang disediakan oleh otoritas Ukraina.

Presiden Klaus Iohannis dari Rumania, yang berbatasan dengan Ukraina dan telah menjadi tujuan utama bagi para pengungsi Ukraina, tiba dengan kereta api terpisah.

Setelah melihat Irpin, dia menulis di Twitter bahwa “tidak ada kata-kata untuk menggambarkan tragedi manusia yang tak terbayangkan dan kehancuran yang mengerikan” dan menyerukan “semua pelaku Rusia harus bertanggung jawab oleh sistem peradilan pidana internasional”.

Harapan Perubahan dari Kunjungan

Pasukan Rusia menekan ofensif mereka di wilayah Donbas timur, perlahan tapi pasti menguasai pasukan Ukraina yang kekurangan awak dan persenjataan, yang memohon lebih banyak senjata dari sekutu Barat.

Beberapa sirene serangan udara terdengar sementara para pemimpin Eropa berada di hotel mereka untuk mempersiapkan sisa kunjungan mereka, dan otoritas Kiev mendesak orang-orang untuk mencari perlindungan. Peringatan seperti itu sering terjadi.

Banyak pemimpin dan orang-orang biasa di tidak hanya Ukraina tetapi juga negara-negara Baltik dan Eropa Tengah, yang dikendalikan oleh Moskow selama Perang Dingin, percaya bahwa Putin hanya memahami kekuatan, dan telah melihat upaya Macron dan lainnya untuk terus berbicara dengan Putin setelahnya invasi sebagai tidak dapat diterima.

Tamara Malko, seorang penduduk wilayah Donetsk yang merupakan bagian dari Donbas, mengatakan Macron dan Scholz telah "sangat dingin" terhadap Ukraina sejauh ini, dan berharap untuk perubahan. "Kami sangat menginginkan perdamaian ... dan memiliki harapan besar untuk Macron dan Scholz," katanya. “Kami ingin mereka melihat dan memahami rasa sakit kami.”

Gubernur Serhiy Haidai dari Luhansk, yang juga merupakan bagian dari Donbas, mengatakan kunjungan itu tidak akan membawa apa-apa jika para pemimpin meminta Ukraina untuk menandatangani perjanjian damai dengan Rusia yang melibatkan penyerahan wilayah.

Dia mengatakan itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah diterima oleh orang Ukraina. “Saya yakin presiden kita, Volodymyr Zelenskyy, tidak akan membuat konsesi dan memperdagangkan wilayah kita. Jika seseorang ingin menghentikan Rusia dengan memberi mereka wilayah, Jerman memiliki Bavaria, Italia memiliki Tuscany, Prancis dapat mengakui Provence, misalnya,” katanya.

"Hari ini satu wilayah, besok satu lagi, lusa yang lain," katanya.

Kunjungan itu dilakukan saat para pemimpin Uni Eropa bersiap untuk membuat keputusan pada 23-24 Juni tentang permintaan Ukraina untuk menjadi calon anggota UE, dan menjelang KTT penting NATO pada 29-30 Juni di Madrid.

Di Ukraina, Macron menanggapi kritik atas tanggapan Prancis, termasuk komentarnya baru-baru ini bahwa Rusia tidak boleh "dipermalukan," yang membuat marah Ukraina. Dia bersikeras bahwa "Prancis telah berada di pihak Ukraina sejak hari pertama."

Kantornya juga merilis daftar tanggal semua percakapannya dengan Zelenskyy. Mereka telah berbicara melalui telepon pada 23 kesempatan sejak perang dimulai; dan Macron berbicara dengan Putin 11 kali, termasuk tiga kali dengan Scholz.

Macron terlibat dalam upaya diplomatik untuk mendorong gencatan senjata di Ukraina yang akan memungkinkan negosiasi perdamaian di masa depan. Dia sering berdiskusi dengan Zelenskyy dan telah berbicara di telepon beberapa kali dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sejak Putin meluncurkan invasi pada akhir Februari.

Scholz telah lama menolak bepergian ke Kiev, dengan mengatakan bahwa dia tidak ingin "bergabung dengan antrian orang-orang yang ingin berfoto." Sebaliknya, Scholz mengatakan perjalanan harus fokus pada melakukan "hal-hal konkret."

Jerman pada hari Rabu mengumumkan bahwa mereka akan memberi Ukraina tiga sistem roket peluncuran ganda dari jenis yang menurut Kyiv sangat dibutuhkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home