Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:59 WIB | Kamis, 16 Juni 2022

AS Umumkan Paket Baru Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Satu Miliar Dolar

AS Umumkan Paket Baru Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Satu Miliar Dolar
Dari kiri, Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley, Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, menghadiri pertemuan kelompok Kontak Pertahanan Ukraina menjelang pertemuan para menteri pertahanan NATO di markas besar NATO di Brussels, Rabu, Juni 15 Oktober 2022. Para menteri pertahanan NATO, yang menghadiri pertemuan dua hari mulai Rabu, akan membahas peningkatan pasokan senjata ke Ukraina, serta aplikasi Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi militer transatlantik. (Foto: Yves Herman/pool via AP)
AS Umumkan Paket Baru Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Satu Miliar Dolar
Kapal perang Taiwan meluncurkan rudal Harpoon buatan AS dari tempat yang tidak ditemukan di laut dekat Taiwan. (File: dok. AFP)
AS Umumkan Paket Baru Bantuan Senjata untuk Ukraina Senilai Satu Miliar Dolar
Peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) AS M142 menembakkan salvo selama latihan militer Singa Afrika di Maroko tenggara, 9 Juni 2021. (Foto: dok. AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada hari Rabu (15/6) mengumumkan paket bantuan senjata baru senilai US$ satu miliar untuk Ukraina. Paket itu termasuk gelombang pertama senjata pertahanan pantai, agar Kiev terus menangkis invasi Rusia.

Biden memberi tahu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, tentang bantuan terbaru selama pembicaraan telepon pada hari sebelumnya, kata Gedung Putih.

Paket terbaru akan mencakup artileri tambahan, senjata pertahanan pantai, dan amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih “yang dibutuhkan Ukraina untuk mendukung operasi pertahanan mereka di Donbas,” menurut sebuah pernyataan dari Biden.

Secara terpisah, Biden juga mengumumkan tambahan bantuan kemanusiaan senilai US$ 225 juta untuk membantu Ukraina mendapatkan air minum, pasokan medis, perawatan kesehatan, makanan, dan tempat tinggal.

“Kami juga tetap berkomitmen untuk mendukung orang-orang Ukraina yang hidupnya telah terkoyak oleh perang ini,” kata Biden. “Keberanian, ketahanan, dan tekad rakyat Ukraina terus menginspirasi dunia.”

Setelah pengumuman Biden, pejabat senior pertahanan AS berbicara kepada wartawan untuk memberikan rincian lebih lanjut, khususnya tentang sistem harpoon untuk pertahanan pesisir. Ini adalah pertama kalinya Washington memberikan senjata ini ke Ukraina, dan Pentagon mengatakan akan memberikan “pencegahan yang jauh lebih kuat.”

“Mereka tidak diberi persyaratan apa pun,” kata seorang pejabat pertahanan ketika ditanya apakah AS telah meminta jaminan dari Ukraina tentang tidak menyerang target Rusia tertentu. Para pejabat berbicara dengan syarat anonim.

AS sebelumnya menuntut jaminan dari Kiev bahwa mereka tidak akan menyerang pasukan Rusia di luar perbatasannya ketika menjanjikan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan Sistem Roket Peluncuran Ganda (MLRS).

Tetapi AS akan menyediakan peluncur Harpoon, bukan rudal, yang telah dijanjikan sekutu NATO. Sistem yang dipasang di truk akan memakan waktu "beberapa bulan" untuk tiba karena Washington saat ini tidak memilikinya dan mereka perlu diproduksi.

Dalam pernyataan, Biden mengatakan senjata itu akan mendukung Ukraina dalam operasi pertahanannya di Donbas. Ditanya tentang laporan bahwa Rusia mengalami kemajuan di timur Ukraina, pejabat Pentagon mengatakan: “Kami kemungkinan akan berada dalam fase ini untuk sementara waktu. Keuntungan Rusia terus meningkat.”

Pejabat itu menambahkan: “Kami percaya bahwa ketika kemampuan ini benar-benar tiba, mereka akan membuat perbedaan yang signifikan dan bahwa mereka akan tiba tepat waktu untuk melakukannya.”

Pentagon juga merilis rincian senjata dan bantuan yang akan dikirimkan:

  1. 18 155mm Howitzer,
  2. 36.000 butir amunisi 155mm,
  3. 18 Kendaraan Taktis untuk menderek Howitzer 155mm,
  4. Amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS),
  5. Empat Kendaraan Taktis untuk memulihkan peralatan,
  6. Dua sistem pertahanan pantai Harpoon,
  7. Ribuan radio aman,
  8. Ribuan perangkat Night Vision, pemandangan termal, dan optik lainnya, dan
  9. Pendanaan untuk pelatihan, pemeliharaan, pemeliharaan, transportasi, dan biaya administrasi. (AP/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home