Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:10 WIB | Selasa, 14 September 2021

Empat Persiapan untuk Membuat Website Sendiri

Ilustrasi. (Foto: fastwork.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Di era yang banyak mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi, memiliki website sebagai sarana berbagi wawasan atau sekadar penyalur hobi sudah menjadi prioritas. 

Bagi para pelaku bisnis, keberadaan website menjadi media yang paling penting dalam program pengembangan usaha. Website merupakan identitas dari suatu bisnis. 

Kira-kira, apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat website yang baik?

Empat Hal yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Website

1. Nama Domain

Nama domain digunakan untuk mempermudah target konsumen dalam mengakses website terkait. Untuk itu, ada baiknya tidak membuatnya terlalu panjang agar lebih mudah diingat. Pada dasarnya, nama domain bersifat unik, maksudnya hanya ada satu pengguna untuk satu nama. Maka ketika nama domain sudah ditentukan dan ternyata sudah digunakan lebih dulu oleh pengguna web lainnya, Anda harus menggantinya dengan nama lain yang berbeda.

Hingga saat ini, ekstensi domain yang paling populer adalah (dot)com. Meski begitu, Anda memiliki kebebasan untuk memilih ekstensi lainnya seperti (dot)net, (dot)org, (dot)info, (dot)co(dot)id, dan lain sebagainya.

2. Hosting

Secara garis besar, hosting adalah wadah yang difungsikan sebagai penyimpan gambar, file, video, serta data website yang nantinya bisa diakses melalui bantuan internet. Sekarang ini, ada banyak sekali jenis hosting yang tersedia di pasaran, mulai dari hosting yang disewa selama bulanan hingga tahunan.

Untuk urusan biaya, bergantung pada kapasitas yang dimilikinya. Semakin besar kapasitas yang dikehendaki, semakin banyak data yang bisa tersimpan, akan semakin tinggi pula biaya sewanya. Selain kapasitas, ada faktor lain yang turut mempengaruhi tinggi rendahnya harga sewa hosting, yaitu bandwidth. Untuk bandwidth sendiri merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dikalkulasikan dalam satuan bit per second alias bps. Saat trafik suatu web sangat tinggi, jumlah bandwidth yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

3. Aplikasi Website

Aplikasi website akan membantu menentukan bagaimana tampilan website Anda. Mulai dari penentuan tata letak gambar, peletakan menu navigasi, desain website, komposisi warna, peletakan gambar dan video, dan beberapa hal dasar soal bagaimana web itu tampil di mata penggunanya.

Jika Anda tertarik untuk membuat website dengan desain yang spesial, pun mudah dikelola karena telah disesuaikan dengan kebutuhan web, maka membuat aplikasi website secara mandiri bisa ditempuh. Untuk dapat membuat aplikasi web sendiri, Anda perlu menguasai beberapa hal penting terkait bahasa pemrograman seperti php, html, dan lainnya. Namun jika Anda masih terlalu awam dengan hal itu, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis yang ada di setiap hosting yang Anda sewa.

4. Pengelola Website

Ketika website sudah berhasil dibuat dan diakses, admin atau pengelola website sangatlah diperlukan. Entah Anda atau karyawan yang Anda pekerjakan bisa menjadi admin.

Tugas utama dari admin sendiri adalah mengisi konten website yang terdiri dari tulisan artikel, gambar, video, kata kunci, dan lainnya yang bisa membuat website makin menarik untuk dilihat. Selain itu, admin juga bertugas untuk update data website per periode waktu, menerima kontak dari pengunjung, dan tugas dasar lainnya.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat website sendiri, jasa https://www.niagahoster.co.id/domain-murah bisa menjadi salah satu opsi untuk dipilih. Niagahoster menyediakan layanan pembuatan nama domain, hosting, dan bahkan memberikan opsi penggunanya untuk menggunakan jasa pengelolaan website. Tunggu apalagi? Yuk pesan kebutuhan website Anda di Niagahoster sekarang juga! 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home