Loading...
KULINER
Penulis: Melki 09:46 WIB | Rabu, 01 Maret 2023

Empat Resep Lezat Olahan Paha Ayam untuk Si Kecil

Ilustrasi. Foto: kingkong.app

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Di Indonesia, salah satu menu andalan yang banyak disukai adalah menu dengan bahan utama ayam.

Ayam merupakan salah satu sumber protein yang populer, karena mudah diolah dan tekstur yang mudah disantap. Menu berbahan dasar ayam tidak hanya disukai oleh orang dewasa saja, namun juga oleh anak-anak.

Untuk membuat menu berbahan dasar ayam, Anda bisa memilih bagian yang sesuai dengan masakan Anda, mulai dari dada ayam, sayap ayam, dan juga paha ayam. Dari bagian ayam tersebut, salah satu yang populer dan banyak disukai adalah bagian paha ayam. Paha ayam pun terbagi menjadi dua, yaitu paha atas dan paha bawah atau drumstick.

Paha ayam banyak disukai karena punya kombinasi daging dan kulit yang sama banyaknya, serta mudah untuk disantap. Selain itu, kandungan kalori paha ayam goreng juga dibutuhkan untuk perkembangan si kecil.

Walaupun menu olahan paha ayam ada banyak, tidak semua menu masakan ayam bisa Anda berikan pada si kecil, seperti menu ayam yang terlalu pedas atau terlalu keras untuk gigi si kecil dapat mengganggu kesehatannya. Berikut ini ide masakan paha ayam yang cocok untuk anak.

4 Ide Masakan Paha Ayam untuk Anak

1. Paha Goreng Crispy

Paha ayam identik dengan menu yang satu ini. Ya, paha goreng crispy merupakan salah satu menu umum atau yang banyak dibuat untuk mengolah bagian paha ayam. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan tampilan paha ayam goreng crispy seperti yang dijajakan di restoran cepat saji. Anda tidak perlu membelinya lagi, karena Anda bisa membuat menu ini dengan mudah di rumah.

Paha bawah ayam goreng crispy atau paha ayam goreng tepung ini bisa Anda buat dengan mudah, karena Anda tinggal baluri paha ayam segar dengan tepung khusus ayam goreng crispy yang bisa Anda beli di minimarket terdekat. Namun, jika ingin membuat bumbunya sendiri, Anda bisa menyediakan beberapa bahan seperti bawang putih, lada dan garam.

Tidak hanya lezat, paha ayam goreng ini juga punya manfaat lain seperti membantu proses pembentukan otot, memadatkan tulang, dan masih banyak lagi. Selain itu, paha ayam goreng ini punya kandungan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori paha ayam goreng mulai dari sekitar 340 kalori untuk paha atas yang berasal dari protein sebanyak 53% dan dari lemak sebanyak 47%. Sedangkan, terdapat 304 kalori untuk bagian paha bawah yang berasal dari protein sebanyak 70% dan 30% dari lemak.

2. Ayam Goreng Upin Ipin

Kepopuleran animasi asal Malaysia ini tidak hanya membuat si kecil mempelajari bahasa Melayu saja, namun juga tertarik dengan kuliner yang disajikan. Salah satu makanan yang sering muncul di serial animasi Upin Ipin ini adalah ayam goreng, yang dijual oleh Ismail bin Mail. Dalam animasi tersebut, Upin Ipin terlihat sangat menyukai ayam goreng itu. Otomatis, si kecil pun jadi penasaran akan rasanya.

Agar dapat memberikan makanan tersebut, Anda perlu membeli paha ayam bagian bawah saja agar mirip seperti di animasi Upin Ipin. Selain paha ayam, beberapa bumbu yang perlu Anda siapkan adalah:

- Garam

- Bawang putih

- Ketumbar

Cara membuat menu ini pun mudah. Pertama, cuci bersih paha ayam yang sudah Anda beli. Lalu, haluskan bawang putih, garam dan juga ketumbar. Setelahnya, lumuri paha ayam tersebut dengan bumbu yang sudah Anda haluskan dan diamkan beberapa menit. Jika sudah, Anda bisa langsung menggoreng paha ayam dengan minyak panas. Menu Ayam Goreng Upin Ipin pun siap dinikmati.

3. Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Dari segi tampilan, mungkin menu ini akan terlihat mirip dengan menu sebelumnya. Namun dari segi bumbu dan rasa sudah jelas berbeda. Menu ayam goreng bumbu ungkep adalah salah satu menu ayam yang umum di Indonesia.

Selain menyiapkan paha ayam segar, Anda juga perlu menyiapkan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, merica, dan garam. Lalu, perlu juga daun jeruk, lengkuas, daun salam dan minyak sayur.

Cara buatnya pun mudah, masukkan semua bumbu dan giling hingga halus. Setelahnya, tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan aduk hingga merata. Balur potongan paha ayam tersebut dengan bumbu dan diamkan sejenak. Panaskan minyak dengan api sedang.

Masukkan potongan ayam dan goreng hingga kecoklatan. Menu ini pun sudah siap disantap oleh si kecil.

4. Ayam Bakar Kecap

Selain digoreng, ayam juga bisa diolah dengan cara bakar. Salah satu menunya adalah Ayam Bakar Kecap. Menu ini bisa Anda jadikan variasi jika si kecil mulai bosan dengan menu ayam goreng. Cara membuatnya juga mudah dan memiliki rasa yang lezat.

Bahan yang diperlukan adalah potongan ayam segar serta bumbu seperti bawang putih, garam, kecap manis dan bisa ditambahkan madu jika Anda ingin. Cara buatnya, Anda bisa memasak ayam yang sudah dibersihkan bersama dengan bawang putih, jahe, garam dengan air hingga warna ayam berubah dan juga menyusut.

Setelahnya, Anda bisa menambahkan kecap lalu masak hingga semua bumbu meresap. Anda bisa menambahkan sedikit bawang putih untuk rasa yang lebih gurih. Anda bisa menambah olesan madu untuk memperkuat rasanya.

Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan saus sambal serta sayuran.

Demikian menu paha ayam goreng dan ayam bakar yang mudah untuk Anda masak. Jika Anda ingin membeli daging ayam atau sumber protein lainnya, Anda bisa membelinya dengan mudah di Kingkong. Daging ayam di Kingkong pasti segar, murah, dan juga berkualitas.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home