Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:23 WIB | Selasa, 09 April 2024

Evakuasi Warga Palestina dari Rafah, Israel Akan Beli 40.000 Tenda

Seorang pria Palestina mengangkut air di kamp darurat bagi para pengungsi di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 4 April 2024 (Foto: dok. AFP/Mohammed Abed)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat Israel mengkonfirmasi bahwa Israel membeli 40.000 tenda untuk mempersiapkan evakuasi ratusan ribu warga Palestina dari kota Rafah di Gaza paling selatan.

Empat batalyon Hamas diyakini ditempatkan di Rafah, dan Israel mengatakan bahwa tanpa melancarkan serangan di Rafah, mereka tidak akan mampu mencapai tujuan yang ditetapkan pada awal perang.

Rafah juga diduga menjadi tempat persembunyian para pemimpin Hamas, kemungkinan bersama para sandera Israel.

Populasi Rafah telah membengkak menjadi lebih dari satu juta orang – atau setengah dari total populasi Gaza – sejak dimulainya perang ketika warga sipil mengungsi ke selatan untuk menghindari pertempuran antara Israel dan Hamas. Oleh karena itu, komunitas internasional, termasuk Amerika Serikat, menentang serangan tersebut, dengan mengatakan hal itu akan membahayakan warga sipil Palestina.

Israel mengatakan pihaknya mempunyai rencana untuk mengevakuasi warga sipil sebelum serangannya, dan Kementerian Pertahanan pada hari Senin menerbitkan tender untuk mencari pemasok tenda.

Pejabat Israel, yang tidak mau disebutkan namanya karena tidak berwenang berbicara kepada media, mengatakan tenda-tenda tersebut adalah bagian dari persiapan Rafah. (AP/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home