Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:47 WIB | Selasa, 26 Maret 2024

Sekjen PBB Kunjungi Rafah, Jalur Gaza: Pemblokiran Bantuan Sebuah Kemarahan Moral

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengunjungi perbatasan Rafah antara Mesir dan Jalur Gaza, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas, di Rafah, Mesir, pada 23 Maret 2024. (Foto: Reuters)

RAFAH-JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Antrean panjang truk bantuan yang diblokir di sisi perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza di mana orang-orang menghadapi kelaparan adalah sebuah kemarahan moral, kata Sekretaris Jenderal PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), Antonio Guterres, saat berkunjung ke penyeberangan Rafah pada hari Sabtu (23/3).

Sudah waktunya bagi Israel untuk memberikan “komitmen kuat” untuk akses tanpa batas terhadap barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza, kata Guterres, yang juga menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera dan pembebasan sandera Israel yang ditahan di Gaza.

PBB akan terus bekerja sama dengan Mesir untuk “merampingkan” aliran bantuan ke Gaza, katanya kepada wartawan di depan gerbang penyeberangan Rafah, pintu masuk bantuan.

“Dari persimpangan ini, kita melihat betapa patah hati dan tidak berperasaannya. Antrean panjang truk bantuan dihadang di satu sisi gerbang, dan bayangan panjang kelaparan di sisi lain,” katanya. “Itu lebih dari sekadar tragis. Ini adalah kemarahan moral.”

Kunjungan Guterres terjadi ketika Israel menghadapi tekanan global untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, yang telah hancur akibat perang lebih dari lima bulan antara Israel dan Hamas.

Israel mengancam akan melancarkan operasi militer besar-besaran di kota Rafah di Gaza selatan, tepat di seberang perbatasan Mesir, meskipun ada seruan internasional terhadap serangan semacam itu.

Mayoritas dari 2,3 juta penduduk Gaza berlindung di sekitar Rafah. Meskipun kondisi di bagian utara Jalur Gaza lebih buruk, penderitaan warga sipil di seluruh wilayah tersebut telah memburuk dengan tajam seiring dengan berlanjutnya konflik.

Sebelum singgah di perbatasan, tempat ia bertemu dengan pekerja kemanusiaan PBB, Guterres mendarat di Al Arish di Sinai utara Mesir, tempat sebagian besar bantuan internasional untuk Gaza dikirimkan dan ditimbun.

Saat menerima kedatangannya, gubernur regional Mohamed Shusha mengatakan sekitar 7.000 truk sedang menunggu di Sinai Utara untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, namun prosedur pemeriksaan yang diminta oleh Israel telah menghambat aliran bantuan.

Guterres juga mengunjungi rumah sakit di Al Arish tempat warga Palestina yang dievakuasi dari Gaza menerima perawatan.

Ketika harapan untuk gencatan senjata di Gaza selama bulan suci Ramadhan semakin memudar dan situasi kemanusiaan di Gaza menjadi semakin menyedihkan, Amerika Serikat dan negara-negara lain berupaya menggunakan bantuan udara dan kapal untuk menyalurkan bantuan.

Namun para aktivis kemanusiaan mengatakan hanya sekitar seperlima dari jumlah pasokan yang dibutuhkan telah memasuki Gaza, dan satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan adalah dengan mempercepat pengiriman melalui jalan darat.

Menyebarkan Rasa Lapar

Israel, yang telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas dan khawatir kelompok militan Palestina akan mengalihkan bantuan, telah menutup semua kecuali satu jalur penyeberangan darat ke wilayah kantong tersebut. Mereka membuka penyeberangan Kerem Shalom di dekat Rafah pada akhir Desember dan membantah tuduhan Mesir dan badan-badan bantuan PBB bahwa mereka telah menunda pengiriman bantuan kemanusiaan.

Pekan ini, lembaga pemantau pangan global memperingatkan bahwa kelaparan akan segera terjadi di Gaza utara dan dapat menyebar ke wilayah lain jika gencatan senjata tidak disepakati. “Sudah waktunya bagi Israel untuk memberikan komitmen yang kuat terhadap akses total dan tidak terbatas terhadap barang-barang kemanusiaan di seluruh Gaza,” kata Guterres.

“Ini saatnya untuk benar-benar membanjiri Gaza dengan bantuan yang menyelamatkan nyawa. Pilihannya jelas: lonjakan atau kelaparan,” katanya.

Lebih dari 32.000 orang telah terbunuh akibat kampanye militer Israel di Gaza, banyak dari mereka adalah wanita dan anak-anak, menurut otoritas kesehatan setempat.

Israel melancarkan serangan itu sebagai tanggapan atas serangan Hamas yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan lebih dari 250 orang disandera, menurut penghitungan Israel.

Guterres, yang sebelumnya melakukan perjalanan ke perbatasan Mesir dengan Gaza tak lama setelah perang pecah, mengunjungi Mesir dan Yordania sebagai bagian dari “perjalanan solidaritas” tahunan ke negara-negara Muslim selama Ramadhan.

Saat berada di ibu kota Mesir, Kairo, ia dijadwalkan berbuka puasa bersama para pengungsi dari Sudan, di mana perang antara faksi-faksi militer yang bersaing telah menyebabkan hampir 8,5 juta orang mengungsi, menyebabkan sebagian penduduk mengalami kelaparan ekstrem, dan menyebabkan gelombang pengungsi yang didorong oleh pembunuhan etnis di Darfur. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home