Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:21 WIB | Senin, 04 Mei 2015

Fadli Zon Jelaskan Permintaan Prabowo Cegah Eksekusi Mati

Prabowo Subianto ketika tiba di Gedung Nusantara III, 20 Oktober 2014. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menjelaskan dasar permintaan Prabowo Subianto agar Presiden RI Joko Widodo lebih hati-hati dalam melakukan eksekusi hukuman mati adalah karena hal tersebut berkaitan dengan nyawa seseorang dan hubungan antarnegara.

“Kita (Partai Gerindra, Red) sangat mendukung langkah pemerintah menegakkan hukum di Indonesia, tapi hukuman mati ini menyangkut nyawa seseorang dan hubungan antarnegara. Jadi kami minta pemerintah lebih berhati-hati,” ujar dia saat ditemui di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/5).

Sosok yang merupakan Wakil Ketua DPR RI itu mengatakan jelang pelaksanaan eksekusi mati tahap II kemarin, sejumlah negara meminta Indonesia menangguhkan hukuman mati kepada warga negaranya. Kata Fadli, Pemerintah Indonesia harus mempertimbangkan permintaan tersebut, sebab penangguhan ekseskusi mati hanya bisa dilakukan oleh Presiden RI dengan memberikan grasi.

“Presiden memiliki ruangan untuk memberi penangguhan eksekusi mati. Ruangan itu bersifat politis, misalnya pengabulan grasi dari hukuman mati menjadi hukuman seumur hidup. Presiden harus mempertimbangkan itu, kalau ada permintaan dari negara lain,” ujar dia.

“Tapi bukan berarti kita lemah. Kita hanya harus berhati-hati, jangan sampai Indonesia digugat karena hukumnya tidak sempurna,” Fadli menambahkan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home