Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Kamis, 19 Januari 2023

Fakta di Balik Bos Mafia Messina Denaro Yang Baru Ditangkap

Foto tangkapan yalar videoyang dirilis oleh Kantor Pers Carabinieri Italia pada 16 Januari 2023 menunjukkan penangkapan oleh Carabinieri terhadap bos mafia paling dicari di Italia, Matteo Messina Denaro di Palermo, di negara asalnya Sisilia setelah 30 tahun dalam pelarian. (Handout/Kantor Pers Carabinieri Italia/AFP)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Matteo Messina Denaro, bos Mafia Sisilia yang brutal yang merupakan penjahat paling dicari di Italia sebelum penangkapannya pada hari Senin, telah buron selama 30 tahun.

Berikut adalah beberapa fakta kunci tentang penangkapannya dan apa artinya:

Mengapa penangkapannya begitu penting?

Messina Denaro, 60 tahun, adalah anggota terakhir dari generasi mafia yang mendalangi serangkaian pemboman dan pembunuhan yang meneror Italia pada awal 1990-an.

Penangkapannya akhirnya menutup era kelam itu, menghancurkan simbol perlawanan terhadap negara Italia dan dapat mengungkap rahasia Mafia jika Messina Denaro setuju untuk berbicara dengan penyelidik.

Dia terlibat dalam lusinan pembunuhan, termasuk terhadap jaksa penuntut tinggi Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino dan anak remaja dari seorang pengkhianat Mafia yang tubuhnya dilarutkan dalam asam.

Bagaimana Messina Denaro dapat menghindari penangkapan begitu lama?

Tidak ada yang tahu pasti, tetapi sudah lama ada kecurigaan bahwa punggung Messina Denaro ditutupi oleh politisi dan koneksi kemapanan lainnya. Seorang pensiunan jaksa yang mengejarnya selama bertahun-tahun menyalahkan lingkaran freemasonry (perkumpulan persaudaraan) yang tidak disebutkan namanya.

"Saya selalu percaya jaringan Masonik melindunginya di seluruh dunia," kata Teresa Principato kepada surat kabar La Repubblica, mengatakan dia telah menemukan bukti bahwa dia menghabiskan waktu di Spanyol, Venezuela dan Inggris, serta Sisilia.

Penulis kejahatan Roberto Saviano telah menunjukkan bahwa mantan menteri kehakiman junior, Antonio D'Ali, telah dihukum karena berkolusi dengan keluarga Messina Denaro. Dia bertugas di bawah mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi pada 2001-2006.

Messina Denaro akhirnya tertangkap di luar sebuah klinik di Palermo setelah polisi menemukan dia sakit kanker.

Apa selanjutnya untuk mafia Sisilia?

Para ahli menggambarkan Cosa Nostra di Sisilia, ketenarannya diperkuat oleh film-film seperti "The Godfather", sebagai kelompok kriminal yang sakit menghadapi beberapa kesulitan termasuk persaingan di pasar obat-obatan yang sangat menguntungkan.

“Messina Denaro adalah ayah baptis terakhir, dia mewakili semua rahasia Cosa Nostra. Ini adalah akhir dari mitos dan organisasi harus menghadapinya,” kata Anna Sergi, pakar kejahatan terorganisir di Universitas Essex Inggris.

Meskipun Cosa Nostra mempertahankan kendali atas batuan dasar Sisilia dan kapasitas untuk menyusup ke ekonomi yang lebih luas, ia telah digantikan dalam perdagangan narkoba oleh Calabria 'Ndrangheta.

Alfonso Sabella, mantan hakim anti-Mafia, mengatakan Cosa Nostra sekarang hanyalah kelompok kriminal terbesar ketiga di Italia, di belakang 'Ndrangheta dan massa yang berpusat di sekitar kota Foggia di tenggara.

Siapa yang sekarang menjadi bos dari para bos?

Messina Denaro berkuasa di provinsi asalnya Trapani di Sisilia barat, tetapi Kepala Kejaksaan Palermo Maurizio de Lucia mengatakan dia tidak pernah menjadi "satu-satunya" pemimpin Cosa Nostra.

Sebagian alasannya, jelas de Lucia, adalah bahwa di bawah tradisi Mafia, posisi yang disebut "bos dari bos" hanya untuk mafia dari daerah sekitar ibu kota Sisilia, Palermo.

Supremo sebelumnya adalah Salvatore “Toto” Riina dan Bernardo Provenzano, yang menghabiskan puluhan tahun dalam pelarian sebelum ditangkap.

Keduanya meninggal di penjara, Riina pada tahun 2017 dan Provenzano setahun sebelumnya.

Apa selanjutnya untuk Messina Denaro?

Mafia itu diterbangkan ke penjara dengan keamanan tinggi di Italia tengah untuk menjalani rezim "41 bis" yang keras di mana para tahanan ditahan sendirian di sel kecil, dengan pengawasan video yang beroperasi setiap saat.

Dari penjara, Messina Denaro akan terus menerima pengobatan kanker dan mungkin dipanggil untuk bersaksi dalam persidangan Mafia lainnya atau berbicara dengan jaksa, dalam kasus yang tidak mungkin dia melanggar “omerta” Cosa Nostra, atau kode bungkam. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home