Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:47 WIB | Kamis, 19 Januari 2023

Parlemen Eropa Masukkan Garda Revolusi Islam Iran Dalam Daftar Teroris

Foto dari Pasukan Darat Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada 18 Oktober 2022 ini menunjukkan tentara yang ikut serta dalam latihan militer di wilayah barat laut Aras di sepanjang perbatasan Armenia dan Azerbaijan. (Foto: dok. AFP)

STRASBOURG, SATUHARAPAN.COM - Parlemen Eropa pada hari Rabu (18/1) memberikan suara mendesak Brussel untuk memasukkan Garda  Revolusi Islam Iran (IRGC) dalam daftar kelompok teroris. Ini dilakukan di tengah tekanan yang meningkat pada kekuatan Barat untuk melakukannya.

Parlemen Eropa mendukung amandemen yang ditambahkan ke laporan kebijakan luar negeri tahunan yang menyerukan "Uni Eropa dan negara-negara anggotanya untuk memasukkan IRGC ke dalam daftar teroris UE sehubungan dengan aktivitas terorisnya, penindasan terhadap pengunjuk rasa, dan penyediaan drone ke Rusia."

Pemungutan suara itu tidak mewajibkan Uni Eropa untuk bertindak, tetapi itu datang dengan menteri luar negeri yang sudah membahas sanksi pengetatan terhadap Teheran untuk pertemuan di Brussel pekan depan.

Iran telah meluncurkan tindakan brutal terhadap protes anti pemerintah sejak kematian pada 16 September dalam tahanan seorang perempuan bernama Mahsa Amini yang berusia 22 tahun. Beberapa tahanan telah dijatuhi hukuman mati.

Teheran juga telah dikritik karena memasok sekutunya Rusia dengan drone kamikaze, yang pada gilirannya digunakan Moskow untuk membombardir kota-kota Ukraina, sering menghantam rumah dan infrastruktur sipil.

Beberapa ibu kota UE telah mulai bergerak untuk menambahkan IRGC ke daftar hitam teroris, yang akan membuat papan penting lainnya dalam pemerintahan republik Islam Iran itu terkena sanksi.

Di masa lalu, beberapa telah menolak seruan ini, takut itu akan didasarkan pada dasar hukum yang goyah dan selanjutnya meracuni hubungan yang sudah mengerikan dengan Barat.

Namun, posisi Eropa semakin keras, dan pembukaan sesi parlementer pekan ini di Strasbourg ditandai dengan unjuk rasa ekspatriat Iran yang menuntut IRGC masuk dalam daftar teror.

“Saya menjamin bahwa semua opsi yang memungkinkan UE untuk bereaksi terhadap peristiwa di Iran tetap ada di atas meja,” kata komisaris kehakiman UE, Didier Reynders, kepada parlemen awal pekan ini.

Parlemen Eropa diperkirakan akan mengulangi permohonan mereka pada hari Kamis (19/1) dalam pemungutan suara lain untuk menerima laporan non-legislatif tentang tanggapan Eropa terhadap protes dan eksekusi di Iran.

Amandemen ini akan merinci lebih lanjut tentang kelompok mana yang terkait dengan IRGC yang akan menjadi sasaran, dan kejahatan yang diduga telah mereka lakukan.

Ini akan mendesak Brussel untuk memasukkan pasukan militer IRGC ke dalam daftar hitam, milisi paramiliter Basij yang terlibat dalam penumpasan protes, dan Pasukan Quds rahasia yang dikirim untuk menyebarkan revolusi Iran ke luar negeri.

Dan itu akan memukul “aktivitas ekonomi dan keuangan apa pun yang melibatkan bisnis dan aktivitas komersial yang terkait dengannya, dimilikinya, seluruhnya atau sebagian, oleh, atau mewakili, IRGC atau individu yang berafiliasi dengan IRGC, terlepas dari negara operasi mereka.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home