Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:18 WIB | Senin, 12 Juni 2023

Fenomena El Nino: 2024 Diperkirakan Catat Rekor sebagai Tahun Terpanas

Satu keluarga berjalan dengan kambing dan domba mereka untuk mencari air selama kekeringan terkait El Nino di kota Marodijeex Hargeysa selatan, di wilayah Somaliland semi-otonom Somalia utara, 7 April 2016. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Temperatur global akan segera melampaui rekor tertinggi, dengan 2024 mungkin menjadi tahun terpanas di dunia, BBC melaporkan pada hari Kamis (8/6).

El Niño, fenomena iklim alami yang ditandai dengan suhu permukaan laut yang lebih hangat dari rata-rata, telah muncul di Samudra Pasifik dan secara bertahap akan menguat hingga musim dingin, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) mengatakan dalam sebuah nasihat pada hari Kamis.

Fenomena ini terjadi rata-rata setiap 2-7 tahun di Samudera Pasifik bagian tengah dan timur dekat khatulistiwa, tetapi dampak El Niño terhadap iklim jauh melampaui Samudera Pasifik.

Menurut NOAA, ini dapat menyebabkan air hangat muncul ke permukaan dan menyebar ke seluruh lautan di seluruh dunia, mendorong panas yang signifikan ke atmosfer.

"El Niño dapat menyebabkan rekor baru untuk suhu, terutama di daerah yang sudah mengalami suhu di atas rata-rata," kata ilmuwan iklim Michelle L'Heureux, dalam penasehat tersebut.

“Tergantung pada kekuatannya, El Niño dapat menyebabkan berbagai dampak, seperti meningkatnya risiko hujan lebat dan kekeringan di lokasi tertentu di seluruh dunia,” tambah L’Heureux.

Para ilmuwan khawatir itu akan mendorong dunia melewati tonggak pemanasan 1,5derajat Celcius, memengaruhi kondisi cuaca global dan menyebabkan anomali seperti musim hujan yang melemah di India, kondisi kekeringan di Australia, dan lebih banyak curah hujan di Amerika Serikat bagian selatan.

Pakar iklim telah memperkirakan peristiwa El Nino untuk beberapa waktu sekarang. "Ini meningkat sekarang, ada tanda-tanda dalam prediksi kami selama beberapa bulan, tetapi tampaknya akan mencapai puncaknya pada akhir tahun ini dalam hal intensitasnya," kata Adam Scaife, kepala prediksi jarak jauh di UK Met Office, seperti dikutip dari BBC.

“Rekor baru suhu global tahun depan jelas masuk akal. Tergantung seberapa besar El Niño terjadi, El Niño besar di akhir tahun ini, memberikan peluang besar bahwa kita akan memiliki rekor baru, suhu global di tahun 2024.”

Ilmuwan di AS menandai adanya El Nino ketika suhu lautan 0,5C lebih panas dari biasanya selama satu bulan, dan atmosfer harus terlihat merespons panas yang terus berlanjut. Kondisi ini terpenuhi di bulan Mei. Dalam sebuah pernyataan, NOAA mengatakan, "Kondisi El Niño hadir."

“Ini adalah sinyal yang sangat lemah. Tapi kami percaya bahwa kami mulai melihat kondisi ini dan akan terus meningkat," kata L'Heureux seperti dikutip BBC. “Nilai mingguan kami sebenarnya 0,8C pekan lalu, yang bahkan lebih kuat.”

El Niño adalah fenomena alam yang paling kuat dalam sistem iklim Bumi. Beberapa El Niño yang terkenal di masa lalu begitu kuat sehingga seluruh desa telah meluncur menuruni lereng gunung. Pada tahun 1972-73, suhu laut meroket di lepas pantai Peru, hampir memusnahkan industri perikanan Anchoveta yang kritis di Peru. Dan pada tahun 2016, karang memutih di seluruh Pasifik, banjir melanda Amerika Selatan, dan kebakaran yang dipicu oleh kekeringan melanda seluruh Australia.

Rekor tahun-tahun hangat, termasuk yang terpanas di dunia pada tahun 2016, biasanya terjadi setahun setelah peristiwa El Nino yang kuat. Ada juga kemungkinan kuat bahwa versi tahun ini akan mendorong tahun 2024 melewati tahun 2016 sebagai tahun terpanas di dunia.

Sejarah menunjukkan bahwa selalu ada dampak pada manusia dan ekonomi yang sangat besar untuk peristiwa cuaca yang akan datang ini. Suhu global saat ini berosilasi sekitar 1,1C di atas rata-rata dari tahun 1850-1900.

Namun, El Nino dapat menambah suhu dunia hingga 0,2C lagi, mendorong umat manusia untuk menghadapi kondisi cuaca yang belum pernah ditemui sebelumnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home