Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 06:55 WIB | Selasa, 06 Desember 2022

Festival Budaya Sejuta Rawa Promosikan Seni Mappi

Suasana pembukaan Festival Budaya Sejuta Rawa di di Muara Wimawan (HO-Humas Pemkab Mappi)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Penjabat Bupati Mappi, Provinsi Papua Selatan Michael Rooney Gomar mengatakan Festival Budaya Sejuta Rawa yang diikuti enam suku besar di wilayah itu sebagai ajang untuk mempromosikan keberagaman seni dan budaya Kabupaten Mappi ke pentas dunia.

"Indonesia memiliki kekayaan adat budaya dan seni yang tersebar dari Sabang sampai Merauke namun Kabupaten Mappi memiliki keunikan budaya yang tidak dimiliki daerah bahkan negara lain sehingga seni dan budaya Mappi harus terus dipromosikan secara luas," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Selasa (6/12).

Menurut Gomar, Papua adalah miniatur Indonesia karena semua suku bangsa ada di Papua begitu juga di Kabupaten Mappi selain enam suku asli di wilayah itu terdapat suku nusantara yang hidup rukun, bersatu bergandengan tangan membangun Mappi ke depan.

Dia menjelaskan Festival Budaya Sejuta Rawa akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun agar dapat menarik wisatawan domestik dan internasional dengan begitu Mappi bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Papua yang akan dikunjungi.

"Sehingga ini akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Mappi dengan berkembangnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan usaha yang dijalankan oleh mama-mama asli Papua," ujarnya.

Dia menambahkan festival tersebut diharapkan menjadi ajang seleksi dan media kreasi bagi para pemuda serta pelaku seni di Kabupaten Mappi untuk bisa bersaing sampai ke luar negeri.

"Festival sebagai cara kami untuk mengajak generasi muda agar menjaga dan melestarikan serta mengembangkan adat budaya sebagai potensi kekayaan Mappi," katanya lagi.

Festival Budaya Sejuta Rawa merupakan gagasan Penjabat Bupati Mappi Michael Rooney Gomar di mana festival tersebut berlangsung pada 5-7 Desember 2022.

Enam suku besar asli Kabupaten Mappi yang mengikuti festival tersebut yakni Suku Yaqhai, Awyu, Koroway, Wiyagar, Asmat dan Suku Tamario yang tampil mempertunjukkan kekayaan budaya dalam bentuk tarian perahu, ukiran, noken, atraksi dan tarian suku.

Pembukaan Festival Budaya Sejuta Rawa dibuka Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar pada 5 Desember 2022 yang berlangsung di Muara Wimawan dan tempat pemandian Soba. ANTARA


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home