Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 14:15 WIB | Selasa, 29 November 2022

Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik

Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik
Vicky Lovely, Alumni SMPK 2 PENABUR, Fashion Designer di Shibuya Fashion Week pada Oktober 2022
Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik
Nirvanada Narwastuswasti, Peserta Dream Stage, Art Festival BPK PENABUR Jakarta yang Meraih Supreme Winner
Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik
Bernadette Alicia Chandra, Peserta Dream Stage, Art Festival BPK PENABUR Jakarta yang Meraih The Most Favorite Video
Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik
Pertunjukan Seni oleh Peserta Didik SMPK PENABUR Jakarta di Closing Ceremony and Winners Announcement Dream Stage, Art Festival BPK PENABUR Jakarta
Art Festival BPK PENABUR Jakarta, Ajang bagi Peserta Didik untuk Tunjukkan Bakat Terbaik
Closing Ceremony and Winners Announcement Dream Stage, Art Festival BPK PENABUR Jakarta (26_11)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM, Seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi, BPK PENABUR Jakarta sebagai lembaga pendidikan Kristen di Indonesia memiliki tanggung jawab memajukan pembelajaran agar mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif dan komprehensif. Pengembangan bakat dan minat pada peserta didik perlu dilakukan, di samping pembelajaran formal di kelas.

Oleh karena itu, BPK PENABUR Jakarta menggelar Art Festival bertajuk Dream Stage Festival BPK PENABUR Jakarta pada 5 Oktober hingga 26 November 2022. Sebuah wadah bagi peserta didik untuk menunjukkan talenta terbaik yang dimiliki.

Sebanyak 111 peserta mengirimkan video hasil karya kepada BPK PENABUR Jakarta. 20 video berhasil dipilih oleh dewan juri dan mendapatkan pelatihan. Kemudian, peserta kembali membuat 20 video terbaik dan ditayangkan di Instagram SMPK 2 PENABUR untuk kembali dinilai oleh para juri.

Dewan juri pada Art Festival BPK PENABUR Jakarta yakni Venantius Vladimir, produser teater, penulis naskah, sekaligus narasumber dalam bidang seni. Elza Simanungkalit, koreografer pentas musikal dan pelatih tari, serta Ir. Santoso Gondowidjojo, sutradara musikal dan film, pencipta lagu, serta musisi.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini dan berharap agar terus ditingkatkan, karena dapat menjadi penyeimbang kemampuan akademis seorang pelajar.” ujar Ir. Santoso Gondowidjojo, salah satu juri dari Art Festival BPK PENABUR Jakarta.

Closing Ceremony and Winners Announcement of Dream Stage Festival disiarkan langsung dari SMPK 2 PENABUR pada Sabtu, 26 November 2022, Pukul 09.00-12.00 WIB, yang dapat disaksikan melalui YouTube Channel SMPK 2 PENABUR. Kegiatan dimeriahkan oleh penampilan seni dari peserta didik SMPK PENABUR Jakarta dan semakin seru dengan diadakannya kuis interaktif seputar nilai-nilai BPK PENABUR Jakarta, seni, serta budaya Indonesia.

Art Festival BPK PENABUR Jakarta menjadi bukti bahwa peserta didik adalah subjek atau penentu kemajuan, bukanlah objek dari kemajuan itu sendiri.” ujar Kumalasari Onggobawono, Kepala Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta dalam pembukaan Closing Ceremony dan Winners Announcement of Dream Stage Festival.

Ungkapan tersebut dibuktikan dengan penyelenggaraan Art Festival BPK PENABUR Jakarta yang merupakan hasil kolaborasi antara peserta didik dan tenaga pendidik SMPK PENABUR Jakarta.

“Harapan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang seni dan kreasi, serta menumbuhkan rasa kepedulian dan kepekaan siswa. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana dalam menjalin tali persaudaraan antar sekolah.” kata Kumalasari.

Elza Simanungkalit, dewan juri Art Festival BPK PENABUR Jakarta menambahkan, bahwa dengan kegiatan ajang pencarian bakat ini, diharapkan peserta didik mampu bersyukur atas talenta yang diberikan oleh Tuhan dan dapat menjadikannya berkat bagi sesama.

Acara semakin sarat makna dengan kehadiran alumni SMPK 2 PENABUR, Vicky Lovely, mahasiswa Bunka Fashion Graduate University, Jepang. Ia berhasil menampilkan hasil karyanya yang unik dari kulit daging pada ajang Shibuya Fashion Week, Oktober 2022 lalu.

“Saya memiliki mimpi menjadi fashion designer sejak usia tiga tahun. Bermula dari ayah saya yang menyajikan video perhelatan fashion show. Dari situlah saya terus mengasah kemampuan menggambar saya, ketika di jenjang SMP saya mulai menggambar desain baju dan mendapatkan dukungan dari guru. Kemudian, pada saat SMA saya merealisasikan desain saya untuk pertama kalinya pada acara prome night perpisahan sekolah.” cerita Vicky.

Vicky berpesan kepada peserta didik SMPK PENABUR Jakarta agar terus mengejar mimpi, jangan takut mencoba, anggap kegagalan sebagai pembelajaran, dan tidak boleh menyerah.

Art Festival BPK PENABUR Jakarta dimenangkan oleh Nirvanada Narwastuswasti, peserta didik SD Homeschooling Kak Seto yang menunjukkan bakat bernyanyi melalui karya video berjudul Tomorrow.

“Aku sangat senang karena dapat menunjukkan bakatku melalui kegiatan ini dan juga mendapatkan pelatihan dari dewan juri. Dalam konsep video, aku mengambil lokasi yang bernuansa alam. Untuk selanjutnya, aku ingin terus tekun berkarya, bersekolah, dan mendalami musik serta art performing.” jelas Nirvanada.

Bernadette Alicia Chandra, peserta didik SDK 6 PENABUR memenangkan kategori video terfavorit dengan menampilkan bakat balet.

“Selamat kepada para pemenang, semoga talenta ini terus dikembangkan dan menjadi berkat untuk sesama dan dunia.” ucap Venantius Vladimir Ivan, juri Art Festival BPK PENABUR Jakarta.

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home