Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Minggu, 03 Oktober 2021

Filipina: Duterte Mundur dari Politik

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, kiri, menunjuk ke Senator Bong Go yang telah mengajukan sertifikat pencalonannya sebagai wakil presiden selama pemilihan tahun depan di hadapan Komisi Pemilihan di Tenda Taman Pelabuhan Sofitel di Metropolitan Manila, Filipina pada Sabtu (2/10). (Foto: Lisa Marie David/pool via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, pada hari Sabtu (2/10) mengumumkan dia pensiun dari politik dan membatalkan rencana untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden dalam pemilihan tahun depan. Masa jabatannya berakhir, dan itu membuka jalan bagi putri politisinya untuk kemungkinan mengajukan kemungkinan pencalonan presiden.

Berbicara di depan wartawan, Duterte mengatakan banyak orang Filipina telah menyatakan penentangan mereka terhadap tawaran wakil presidennya dalam survei dan forum publik.

“Sentimen yang luar biasa dari orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat, dan itu akan menjadi pelanggaran konstitusi,” kata Duterte. "Saya akan mengikuti apa yang Anda inginkan, dan hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik."

Pemimpin berusia 76 tahun, yang dikenal karena tindakan keras anti-narkobanya yang mematikan, retorika kurang ajar dan gaya politik yang tidak ortodoks, sebelumnya menerima pencalonan partai yang berkuasa untuknya sebagai wakil presiden dalam pemilihan pada 9 Mei. Keputusan itu membuat marah banyak lawannya, yang menggambarkannya sebagai bencana hak asasi manusia di benteng demokrasi Asia.

Duterte mengumumkan pengunduran dirinya secara mengejutkan dari pemilihan setelah menemani mantan ajudan lamanya, Senator Bong Go, yang mendaftarkan pencalonan wakil presidennya sebagai gantinya di bawah partai yang berkuasa di pusat Komisi Pemilihan.

Presiden Filipina dibatasi oleh konstitusi untuk masa jabatan enam tahun, dan penentangnya mengatakan mereka akan mempertanyakan legalitas pencalonan wakil presiden Duterte yang diumumkan di hadapan Mahkamah Agung jika dia melakukannya.

Sementara dua presiden sebelumnya telah mencalonkan diri untuk posisi terpilih yang lebih rendah dan menang setelah masa jabatan mereka berakhir dalam sejarah baru-baru ini, Duterte adalah yang pertama mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Jika dia mengupayakan pencalonan itu dan menang, itu bisa mengangkatnya kembali ke kursi kepresidenan jika pemimpin terpilih meninggal atau tidak mampu karena alasan apa pun.

Penarikan Duterte dapat membuka jalan bagi pemilihan presiden putrinya, Sara Duterte, yang saat ini menjadi wali kota kota Davao selatan. Dia telah didorong oleh banyak pendukung untuk mengajukan tawaran untuk menggantikan ayahnya dan telah menduduki puncak survei opini publik independen tentang siapa yang harus memimpin negara berikutnya.

Tak lama setelah Duterte mengumumkan bahwa dia mundur dari pencalonan wakil presiden, putrinya mengajukan surat untuk pemilihan kembali di kota Davao, meskipun spekulasi tetap tersebar luas bahwa dia pada akhirnya akan mundur dari tawaran pemilihan kembali wali kota dan mencalonkan diri sebagai presiden.

Presiden Duterte menjabat pada tahun 2016 dan segera meluncurkan tindakan keras terhadap obat-obatan terlarang yang telah menewaskan lebih dari 6.000 tersangka dan membuat khawatir pemerintah Barat dan kelompok hak asasi manusia. Pengadilan Kriminal Internasional telah meluncurkan penyelidikan atas pembunuhan tersebut, tetapi dia telah bersumpah untuk tidak pernah bekerja sama dengan penyelidikan dan mengizinkan penyelidik ICC masuk ke negara itu.

Duterte adalah mantan walikota kota Davao, jaksa pemerintah dan legislator dalam karir politik yang penuh warna yang membentang lebih dari tiga dekade. Dia akan dikenang oleh banyak orang karena pendekatannya yang ekstra keras terhadap kriminalitas yang membuatnya mendapatkan julukan seperti "Duterte Harry," setelah karakter polisi Clint Eastwood yang kurang memperhatikan hukum.

Ketika dia keluar dari politik, dia kemungkinan akan diburu oleh tuntutan hukum yang timbul dari kampanye anti-kriminalitasnya yang penuh kekerasan. Dia mengutip kekhawatiran itu pada bulan Juli sebagai salah satu alasan dia menerima pencalonan partai PDP-Laban yang berkuasa agar dia menjadi calon wakil presidennya.

Sebuah kelompok hak asasi manusia yang berbasis di AS mengatakan Duterte akan melakukan segala dayanya untuk mendukung penerus yang bersahabat dan akan memanfaatkan pengaruhnya yang masih ada di masa pensiun untuk melindungi dirinya dari serangkaian tuduhan kriminal potensial.

Duterte akan mendukung seorang kandidat “yang bisa memberinya perlindungan itu,” kata Carlos Conde dari Human Rights Watch. “Menghindari pertanggungjawaban atas pelanggaran hak asasi manusia adalah perhatian utama Duterte saat kepresidenannya berakhir.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home