Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:05 WIB | Rabu, 29 September 2021

Manny Pacquiao Gantung Sarung Tinju, Maju Calon Presiden Filipina

Pada 20 Agustus 2021, Manny Pacquiao dari Filipina, berpose untuk fotografer selama penimbangan di Las Vegas. (Foto:dok. AP/John Locher)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Legenda tinju Manny Pacquiao secara resmi gantung sarung tinju. Juara dunia delapan divisi dan senator Filipina itu pada hari Rabu (29/9) mengumumkan pengunduran dirinya dari ring.

“Saat saya menggantung sarung tinju, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh dunia, terutama orang-orang Filipina yang telah mendukung Manny Pacquiao. Selamat tinggal tinju,” kata petinju berusia 42 tahun itu dalam video berdurasi 14 menit yang diposting di halaman Facebook-nya. “Sulit bagi saya untuk menerima bahwa waktu saya sebagai petinju sudah berakhir. Hari ini saya mengumumkan pensiun saya.”

Pacquiao mengakhiri karirnya selama 26 tahun, 72 pertarungan dengan 62 kemenangan, delapan kekalahan dan dua kali seri. Dari 62 kemenangan itu, 39 dengan KO dan 23 dengan keputusan. Dia memenangkan 12 gelar dunia.

Pensiunnya dari tinju menyusul kekalahan mengecewakan dari Yordenis Ugas di Paradise, Nevada pada 21 Agustus. Petinju muda Kuba, yang membelot ke Amerika Serikat pada 2010, mengalahkan Pacquiao dengan keputusan mutlak, mempertahankan gelar kelas welter WBA-nya. Itu adalah pertarungan pertama Pacquiao dalam lebih dari dua tahun.

"Terima kasih telah mengubah hidup saya, ketika keluarga saya putus asa, Anda memberi kami harapan, Anda memberi saya kesempatan untuk berjuang keluar dari kemiskinan," kata Pacquiao dalam video tersebut.

“Karena Anda, saya bisa menginspirasi orang di seluruh dunia. Karenamu aku diberi keberanian untuk mengubah lebih banyak kehidupan. Saya tidak akan pernah melupakan apa yang telah saya lakukan dan capai dalam hidup saya yang tidak dapat saya bayangkan. Saya baru saja mendengar bel terakhir. Tinju sudah berakhir.“

Calon Presiden

Pacquaio telah mengisyaratkan pensiun baru-baru ini. Itu juga sudah diduga karena dia mengarahkan pandangannya ke medan perang politik yang lebih besar. Awal bulan ini, dia menerima pencalonan partai politiknya dan menyatakan bahwa dia akan mencalonkan diri sebagai presiden Filipina dalam pemilihan Mei 2022.

Dia menuduh pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte, sekutu resminya, memperburuk korupsi di Filipina. Dia berjanji untuk memerangi kemiskinan dan memperingatkan politisi korup mereka akan segera berakhir di penjara.

Kisah hidup Pacquiao yang kaya raya dan karir legendaries, dia adalah satu-satunya petarung dalam sejarah yang memenangkan gelar di delapan kelas yang berbeda, telah membawa kehormatan bagi negaranya di Asia Tenggara itu, di mana dia dikenal dengan julukan Pacman, People's Champ and National First.

Dia meninggalkan rumahnya yang miskin di Filipina selatan sebagai seorang remaja dan disimpan di sebuah kapal menuju Manila. Dia membuat debut tinju profesionalnya sebagai kelas terbang junior pada tahun 1995, pada usia 16 tahun, berjuang keluar dari kemiskinan untuk menjadi salah satu atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home