Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:54 WIB | Selasa, 27 Februari 2024

Film “Oppenheimer” Makin Favorit, Memenangi SAG Awards

Kenneth Branagh, dari kiri, David Krumholtz, Emily Blunt, Alden Ehrenreich, Robert Downey Jr., Josh Hartnett, Cillian Murphy, Casey Affleck, dan Benny Safdie menerima penghargaan atas penampilan luar biasa para pemeran film “Oppenheimer” selama Screen Actors Guild Awards tahunan ke-30 pada hari Sabtu, 24 Februari 2024, di Shrine Auditorium di Los Angeles. (Foto: AP/Chris Pizzallo)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Film “Oppenheimer” terus melaju sepanjang musim penghargaan Hollywood pada hari Sabtu (24/2), memenangkan hadiah utama, untuk pemeran yang luar biasa, bersama dengan penghargaan untuk Cillian Murphy dan Robert Downey Jr., di Screen Actors Guild (SAG) Awards ke-30.

Ketika Academy Awards semakin dekat, film biografi blockbuster Christopher Nolan – yang sudah menjadi pemenang di Golden Globes dan BAFTA – semakin tampak seperti film favorit. SAG Awards, salah satu prediktor Oscar yang paling jitu, hanya akan menambah momentum bagi “Oppenheimer,” nominasi utama Academy Awards dengan 13 nominasi.

SAG Awards disiarkan langsung di Netflix, yang pertama dalam acara penghargaan besar Hollywood. Hal ini membuat beberapa perubahan signifikan pada tradisi kuno upacara semacam itu. Tidak ada iklan. Kata-kata kotor diizinkan. (“Jangan katakan apa pun yang tidak akan Anda katakan di depan Oprah,” kata Idris Elba.) Dan para pemenang terkadang diwawancarai di belakang panggung oleh pembawa acara karpet merah Tan France – terkadang dengan canggung, terkadang dengan menawan.

SAG Awards tidak selalu menandakan kesuksesan Oscar. Dua dari lima pemenang terakhir dari guild (“The Trial of the Chicago 7” dan “Black Panther”) kalah di Academy Awards. Namun dalam dua tahun terakhir, kelima penghargaan teratas SAG – ansambel terbaik dan empat pemenang akting – telah berhubungan dengan pemenang Oscar, termasuk ansambel untuk “Everything Everywhere All at Once” dan “CODA.”

Itu bisa berarti SAG menawarkan preview Oscar di dua kontes terdekat: aktor terbaik dan aktris terbaik.

Kemenangan paling mendebarkan malam itu jatuh ke tangan Lily Gladstone untuk aktor wanita yang berperan utama dalam “Killers of the Flower Moon” karya Martin Scorsese. Tidak ada kategori yang diperebutkan dengan sengit, dengan para analis terbagi rata antara Gladstone dan Emma Stone untuk “Poor Things.”

Tapi Gladstone menang pada hari Sabtu dan penonton meledak. Stone juga berdiri dan bertepuk tangan dengan penuh semangat. Lebih banyak yang menunggu Gladstone daripada pesaing Oscar lainnya tahun ini. Kemenangannya akan menjadi yang pertama bagi penduduk asli Amerika.

“Kami menghadirkan empati ke dunia yang sangat membutuhkannya,” kata Gladstone. “Sangat mudah untuk menjauhkan diri. Sangat mudah untuk menutup diri, berhenti merasakan. Dan kita semua dengan berani terus merasakannya. Dan itu memanusiakan manusia. Hal ini membawa orang keluar dari bayang-bayang. Ini memberikan visibilitas.”

Murphy dan Paul Giamatti (“The Holdovers”) juga terlihat bersaing ketat. Namun Murphy kini telah memenangkan SAG, BAFTA, dan Globes, yang menunjukkan bahwa ia memiliki keunggulan dalam menghadapi Academy Awards.

Downey Jr. dan Da’Vine Joy Randolph masing-masing menang atas penampilan pendukung mereka, yang juga memperkuat status mereka sebagai favorit Oscar.

“Kenapa aku? Kenapa sekarang? Mengapa segala sesuatunya tampak berjalan sesuai keinginanku?” kata Downey Jr., menerima Penghargaan SAG pertamanya untuk penampilan film. “Tidak seperti rekan-rekan nominasi lainnya, saya tidak akan pernah lelah mendengar suara saya sendiri.”

Penampilan Randolph dalam “The Holdovers” karya Alexander Payne telah menjadi peran terobosan bagi aktor berusia 37 tahun tersebut. Sekarang, dia tampak siap untuk memenangkan Academy Award.

“Kepada setiap aktor di luar sana yang masih menunggu kesempatan mereka, izinkan saya memberi tahu Anda: Hidup Anda bisa berubah dalam sehari,” kata Randolph. “Ini bukan pertanyaan apakah, tapi kapan. Terus berlanjut."

Setelah lebih dari dua dekade ditayangkan di TNT dan TBS dengan penurunan jumlah penonton, Netflix memperoleh hak siar atas SAG Awards pada awal tahun 2023. Netflix, yang merupakan kekuatan dominan selama bertahun-tahun di musim penghargaan, juga menjadi tuan rumah.

“Secara pribadi, saya tidak sabar untuk segera pulang dan meminta Netflix merekomendasikan acara ini kepada saya berdasarkan semua hal lain yang saya tonton sendiri,” canda Idris Elba, pembawa acara de facto malam itu.

Penghargaan TV sebagian besar diberikan kepada acara yang sama yang berhasil meraih penghargaan di Emmy dan Golden Globes: “The Bear” (ansambel serial komedi terbaik, Jeremy Allen White, Ayo Edebiri); “Beef” (Ali Wong, Steven Yeun); dan pemeran “Succession.”

Satu pengecualian adalah Pedro Pascal, yang memenangkan aktor pria terbaik dalam serial drama untuk “The Last of Us” atas trio bintang “Succession”.

“Ini salah karena sejumlah alasan,” kata Pascal yang tampak terkejut. “Saya sedikit mabuk. Saya pikir saya bisa mabuk.”

SAG Awards tahun ini mengikuti pemogokan yang melelahkan selama berbulan-bulan di mana serikat pekerja SAG-AFTRA berjuang keras mengenai sejumlah masalah. Sebagian besar penghentian pekerjaan disebabkan oleh perubahan dalam industri film dan TV yang disebabkan oleh streaming dan perubahan besar yang dipimpin oleh Netflix.

“Solidaritas Anda menyulut semangat para pekerja di seluruh dunia, memicu apa yang selamanya akan dikenang sebagai ‘musim panas buruh yang terik,’” kata Fran Drescher, presiden SAG-AFTRA. “Ini adalah momen penting dalam sejarah serikat pekerja kami.”

Platform streaming baru ini pasti akan semakin menyoroti salah satu prediktor Academy Awards yang paling banyak ditonton. Pemungutan suara Oscar berakhir pada hari Selasa.

Barbra Streisand menarik perhatian penonton saat menerima penghargaan pencapaian seumur hidup, yang diberikan oleh Jennifer Aniston dan Bradley Cooper.

“Saya ingat bermimpi menjadi seorang aktris saat remaja, duduk di tempat tidur saya di Brooklyn dengan segelas es krim kopi m dan majalah film,” kata Streisand, yang teringat saat terpesona oleh “cinta pertamaku,” Marlon Brando.

Streisand juga meluangkan waktu untuk merayakan para pionir Yahudi di Hollywood.

“Sekarang saya memimpikan sebuah dunia di mana prasangka seperti itu sudah berlalu,” katanya.

Acara hari Sabtu adalah salah satu terobosan paling signifikan Netflix dalam acara streaming langsung. Netflix sebelumnya pernah mengadakan siaran langsung komedi Chris Rock, turnamen golf selebriti, dan episode reuni langsung “Love Is Blind” yang dirusak oleh kesulitan teknis. Namun Netflix bersiap untuk lebih banyak lagi. Pada tanggal 3 Maret, mereka akan menyiarkan acara tenis langsung. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home