Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 23:21 WIB | Kamis, 15 Desember 2016

Forbes: Putin Orang Terkuat di Dunia

Vladimir Putin. (Foto: forbes.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Vladimir Putin adalah orang terkuat di dunia untuk tahun keempat secara berturut-turut pada 2016, sementara presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump berada di urutan kedua, ungkap majalah Forbes pada hari Rabu (14/12) dalam peringkat tahunan mereka.

“Presiden Rusia telah memberi pengaruh negaranya hampir di seluruh dunia,” tulis majalah bisnis AS tersebut.

“Dari isu dalam negeri sampai Suriah hingga pemilu presiden di AS, Putin terus mendapatkan apa yang dia inginkan.”

Pemimpin Rusia berusia 64 tahun itu “tidak dibatasi oleh norma-norma global yang konvensional (dan) jangkauannya sudah sangat luas dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Forbes.

Majalah tersebut menuliskan bahwa tokoh berpengaruh lain yang menempati urutan kedua, Trump, yang akan mengambil alih kursi kepresidenan AS kurang dari sebulan, “tampak bisa melenggang bebas dari skandal yang menjeratnya, selain didukung oleh dua majelis Kongres dan memiliki kekayaan pribadi yang jumlahnya miliaran.”

Trump, yang terpilih sebagai presiden AS pada bulan lalu, terdaftar di urutan ke-72 dalam peringkat orang terkuat versi majalah Forbes pada 2015.

Urutan ketiga dalam peringkat orang terkuat tersebut adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, yang memimpin negara perekonomian terbesar di Eropa, Jerman, selama 11 tahun dan mengumumkan rencana untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan kanselir tahun depan.

Sementara Barack Obama, yang menempati urutan kedua pada 2015, tergelincir ke posisi ke-48 pada tahun ini, dengan Partai Demokrat yang dipimpinnya tersingkir dari Gedung Putih setelah kemenangan Trump dan tidak lagi berkuasa di Kongres. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home