Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:39 WIB | Sabtu, 06 Mei 2023

Gempa Bumi Berkekuatan 6,5 Guncang Ishikawa, Jepang

Sebuah rumah yang runtuh terlihat setelah gempa bumi di Suzu, prefektur Ishikawa, Jepang 5 Mei 2023, dalam foto yang diambil oleh Kyodo ini. (Foto: Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Gempa susulan mengguncang Jepang sehari setelah gempa kuat yang menewaskan sedikitnya satu orang, dengan para pejabat menilai kerusakan pada hari Sabtu (6/5) dari guncangan yang menghancurkan beberapa bangunan.

Gempa berkekuatan 6,5 melanda wilayah tengah Ishikawa pada sore hari pada hari Jumat di kedalaman 12 kilometer (tujuh mil), menurut Badan Meteorologi Jepang.

Sekitar 55 gempa susulan, beberapa di antaranya kuat, terjadi pada hari Sabtu pagi, kata badan tersebut, karena memperingatkan bahwa hujan lebat dapat memicu tanah longsor di daerah tersebut.

Sedikitnya 23 orang terluka, kata badan manajemen bencana Jepang, Sabtu. "Staf kami sedang memeriksa kerusakan akibat gempa," kata seorang pejabat dari Suzu di prefektur Ishikawa, kota yang paling terpukul, kepada AFP.

Dua orang yang terperangkap di dalam gedung yang hancur berhasil diselamatkan, katanya, dan sekitar 50 orang telah dipindahkan ke pusat evakuasi yang didirikan di sekolah dan balai kota.

Tayangan TV menunjukkan sebuah toko kelontong berserakan dengan pecahan botol anggur dan produk lain yang jatuh dari rak.

Beberapa warga terlihat membersihkan puing-puing di tengah hujan setelah rumah kayu mereka sebagian hancur.

“Saya meminta seorang tukang kayu untuk memperbaiki rumah secara darurat, dan rumah itu sekarang ditutup dengan terpal biru untuk melindunginya dari air hujan,” kata seorang pria kepada penyiar publik NHK. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home