Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:29 WIB | Rabu, 22 Juni 2016

Gempa di Jayapura Tidak Berpotensi Tsunami

Danau Sentani dilihat dari sebuah bukit di Kampung Doyo Lama, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (19/6). Danau yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Papua itu yang memiliki luas 9.630 hektar (ha) yang menjadi satu kesatuan dengan Cagar Alam Pegunungan Cycloops (Jayapura) seluas 245.000 ha. (Foto: Antara)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Gempa tektonik berkekuatan 4,2 Skala Richter yang terjadi hari Rabu (22/6) pukul 07.17 WIT di kota Jayapura dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Petugas pelayanan jasa BMKG Jayapura Agung Sabtaji, mengemukakan dari hasil analisis BMKG Jayapura menunjukkan bahwa pusat gempa berada di laut dengan koordinat 2.25 LS dan 140.58 BT atau sekitar 23 km BaratLaut dari Kota Jayapura dengan kedalaman 10 km. 

Intensitas gempa dirasakan di Kota Jayapura dengan intensitas gempa III-IV MMI (II SIG BMKG) dan Sentani II MMI (I SIG BMKG) itu sempat membuat warga kota Jayapura berlarian keluar rumah, kata Agung.

Menurutnya, dari hasil analisis gempa diperkirakan karena aktivitas pertemuan antara Lempeng Pasifik dengan Lempeng Indo-Australia. 

Pertemuan kedua lempeng ini menyebabkan terjadinya cukup banyak kejadian gempa di sekitar tempat batas pertemuan lempeng, namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami, jelas Agung. 

Sementara itu Wali kota Jayapura Tommy Mano yang dihubungi secara terpisah mengakui, belum ada laporan korban maupun kerusakan akibat gempa yang terjadi Rabu pagi.

"Saya sudah minta kepala distrik agar segera melaporkan bila ada laporan dari masyarakat tentang akibat gempa," kata Wali Kota Tommy Mano. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home