Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:24 WIB | Senin, 26 Desember 2016

Gempa Guncang Cile, 4.000 Orang Diungsikan

Ilustrasi: Lebih dari 500 rumah di Coquimbo rusak berat ketika gempa berkekuatan 8,3 skala richter melanda Cile pada 16 September 2015 lalu. (Foto: Dok satuharapan.com/AFP/Getty Images)

CILE, SATUHARAPAN.COM - Sebagian warga Kota Quellon, Cile, menyelamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi setelah ada peringatan kemungkinan tsunami menyusul gempa berkekuatan 7,6 skala richter.

Gempa berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang kuat di wilayah lepas pantai selatan Cile dan otoritas setempat sempat mengeluarkan kemungkinan adanya tsunami.

Gempa terjadi pukul 14:22 GMT di Pulau Chiloe, sekitar 40 kilometer dari Kota Quellon, kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat gempa, tetapi sekitar 4.000 orang telah dievakuasi ke tempat yang diyakini aman.

Lokasi yang terparah akibat gempa merupakan tempat kunjungan favorit para wisatawan. Sejumlah laporan menyebutkan beberapa ruas jalan dan jembatan mengalami kerusakan akibat gempa.

Menurut USGS, kedalaman gempa berada sekitar 34km.

Badan nasional penanggulangan bencana Cile awalnya mengeluarkan peringatan adanya tsunami dan memerintahkan agar warga yang berasa di pinggir pantai di wilayah Los Lagos untuk dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Sejumlah warga Quellon dilaporkan telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman sebelum peringatan adanya tsunami dicabut.

"Saya sudah tinggal selama 10 tahun di wilayah selatan dan tidak pernah merasakan guncangan keras seperti sekarang," kata seorang warga yang meninggalkan rumahnya.

Presiden Cile Michelle Bachelet menulis melalui akun Twitter-nya: "Banyak kekuatan dan dorongan untuk rekan yang terkena gempa di Cile dan daerah lain di selatan. Prosedur darurat sudah dilaksanakan." (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home