Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:43 WIB | Kamis, 03 Maret 2022

Georgia Segera Ajukan Keangotaan Uni Eropa

Ketua partai Georgian Dream yang berkuasa, Irakli Kobakhidze, menghadiri konferensi pers di Tbilisi pada 31 Maret 2021. (Foto: dok. AFP)

TBILISI, SATUHARAPAN.COM-Georgia akan “segera” mengajukan keanggotaan di Uni Eropa, kata partai penguasa negara Laut Hitam itu pada hari Rabu (2/3), sehari setelah Parlemen Eropa mendukung upaya Ukraina yang dilanda perang untuk mengajukan keanggotaan di UE.

Ketua partai Georgian Dream yang berkuasa, Irakli Kobakhidze, mengumumkan "keputusan hari ini untuk segera mengajukan keanggotaan UE."

Georgia menyerukan kepada UE “untuk meninjau permohonan kami secara mendesak dan membuat keputusan untuk memberi Georgia status calon anggota UE,” katanya dalam konferensi pers.

Keputusan Georgia mengikuti langkah serupa oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang memenangkan dukungan dari anggota parlemen dalam resolusi tidak mengikat yang merekomendasikan bahwa badan-badan UE memberikan status negara kandidat kepada Ukraina.

Pemungutan suara sebagian besar dilihat di Georgia sebagai jendela peluang untuk memajukan aspirasi Uni Eropa sendiri, tujuan yang diabadikan dalam konstitusi negara. Tahun lalu, pemerintah Georgia mengumumkan niatnya untuk mengajukan keanggotaan UE pada 2024.

Upaya Georgia dan Ukraina untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Barat telah lama membuat marah mantan penguasa kekaisaran Rusia. Ketegangan dengan Moskow memuncak dalam invasi Rusia ke Georgia pada 2008.

Baik Georgia dan Ukraina telah menandatangani perjanjian asosiasi dengan UE “tentang integrasi ekonomi dan pendekatan politik,” dan perdagangan bebas, namun tidak memberikan jaminan untuk keanggotaan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home