Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:52 WIB | Sabtu, 26 Februari 2022

AS dan Uni Eropa Jatuhkan Sanski pada Putin dan Lavrov

Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan) dan diplomat topnya, Sergei Lavrov di Kremlin. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan diplomat topnya, Sergei Lavrov, pada hari Jumat (25/2) dalam serangkaian langkah Barat terbaru dalam menanggapi invasi Rusia ke Ukraina.

Anggota tim keamanan nasional Rusia, termasuk Menteri Pertahanan, Shoigu dan Wakil Pertama Menteri Pertahanan Gerasimov, juga dikenai sanksi.

"Perbendaharaan terus membebani Federasi Rusia dan Presiden Putin atas serangan brutal dan tidak beralasan mereka terhadap rakyat Ukraina," kata Menteri Keuangan, Janet Yellen, dalam sebuah pernyataan.

“Kami bersatu dengan sekutu dan mitra internasional kami untuk memastikan Rusia membayar harga ekonomi dan diplomatik yang parah untuk invasi lebih lanjut ke Ukraina. Jika perlu, kami siap untuk membebankan biaya lebih lanjut pada Rusia atas perilakunya yang mengerikan di panggung dunia.”

Putin adalah salah satu dari sedikit kepala negara yang ditunjuk oleh AS, yang mengirimkan lebih banyak sinyal daripada yang berdampak pada Putin sendiri.

Lavrov, yang sering bepergian ke New York untuk pertemuan di markas besar PBB, kemungkinan masih akan diizinkan untuk melakukannya, tetapi dia dapat melihat aturan ketat diberlakukan padanya hanya untuk mengizinkan perjalanan dari hotelnya ke markas PBB.

Sanksi terbaru mengikuti dua tahap terpisah, termasuk menutup proyek pipa Nord Stream 2 dan memutus bank-bank Rusia dari sistem keuangan AS.

UE Bekukan Aset Rusia

Uni Eropa pada hari Jumat menyetujui pembekuan aset Rusia yang mencakup milik Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov. Tapi tidak jelas bagaimana Lavrov dan Putin akan terpengaruh oleh langkah seperti itu atau apakah itu hanya simbolis.

Keputusan untuk membekukan aset mereka menunjukkan bahwa kekuatan Barat sedang bergerak menuju langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memaksa Putin menghentikan invasi brutal terhadap tetangga Rusia dan melepaskan perang besar di Eropa.

“Kami tidak hanya mendaftar oligarki, kami belum mendaftarkan banyak anggota parlemen yang menyiapkan langkah-langkah ini, tetapi kami sekarang juga mendaftarkan presiden, Tuan Putin, dan menteri luar negeri, Tuan Lavrov,” Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock.

Pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa Jumat malam akan membutuhkan dukungan bulat dari 27 negara anggota untuk memberlakukan pembekuan aset semacam itu.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropab, Josep Borrell, menyuarakan dukungannya untuk langkah tersebut dan berharap tidak akan ada kejutan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home