Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 17:52 WIB | Rabu, 16 September 2015

Gereja di Yaman Dibakar Kelompok Bertopeng

Gereja Katolik St. Joseph di Yaman. (Foto: (Photo: AlRiyadh.com)

ADEN, SATUHARAPAN.COM – Penyerang tak dikenal membakar satu dari beberapa gereja di kota Aden, Yaman pada Rabu (16/9). Sehari sebelumnya Gereja St Joseph itu telah dirusak oleh vandalis, kata saksi.

Gereja St. Joseph adalah sebuah gereja Katolik Roma di kawasan lembah di pelabuhan di pusat kota. Seorang pejabat keamanan mengatakan para penyerang kemungkinan adalah militan Al-Qaeda.

“Gereja adalah dikurung api,” kata Moetaz al-Maysour, warga Aden kepada AFP, menambahkan bahwa “para pria bertopeng yang menyalakan api.” Penduduk Yaman adalah 99 persen Muslim.

Dari 22 gereja yang beroperasi di Aden ketika kota adalah koloni Inggris sebelum tahun 1967, hanya beberapa tetap terbuka. Gereja-gereja itu kadang-kadang digunakan oleh pekerja asing dan pengungsi Afrika.

Militan Al-Qaeda telah dituduh melakukan beberapa serangan sejak pasukan pro-pemerintah mengusir pemberontak Houthi yang didukung Iran. Pasukan pemerintah didukung koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Kelompok ekstremis cabang Yaman ini dianggap oleh Washington sebagai yang paling mematikan, telah mengeksploitasi pertempuran untuk meningkatkan kehadirannya di sejumlah bagian selatan dan timur wilayah jazirah Arab ini. (Alarabiya)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home