Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:12 WIB | Selasa, 26 Agustus 2014

Gereja Lutheran dan Organisasi Muslim Bantu Pengungsi Irak

• Kerja sama Gereja Lutheran dan Organisasi Bantuan Islam dikukuhkan.
• Dua organisasi itu cari cara menyelamatkan warga Provinsi Niniwe, Irak Utara.
Gereja-gereja di Babilo, Duhok, menjadi tempat berlindung bagi orang-orang yang melarikan diri dari pertempuran di Irak utara. LWF bermitra dengan Program Bantuan Kristen di Irak Utara untuk membantu mereka. (Foto: ACT/Anne Alling)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Federasi Lutheran Dunia (Lutheran World Federation/LWF) dan organisasi bantuan Islam, bersama sepuluh organisasi kemanusiaan dan pembangunan berbasis iman mengeluarkan “seruan mendesak untuk menghentikan penderitaan mengerikan” di Irak. Mereka bekerja sama membantu para pengungsi korban kekejaman NIIS.

“Penderitaan tak terkira kelompok minoritas akibat meningkatnya kekerasan dan serangan tidak dapat diterima. Dan pelanggaran atas hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan ini sangat  tercela,” kata surat yang ditandatangani oleh organisasi Kristen dan Muslim, Rabu (20/8).

“Kami benar-benar terkejut pada gelombang mengerikan serangan yang sejauh ini telah menyebabkan pembunuhan banyak manusia dan membuat ratusan ribu orang lainnya kehilangan tempat tinggal, putus asa dan melarikan diri. Kami lebih prihatin dan sedih dengan banyaknya kasus penculikan dan penyanderaan orang, termasuk perempuan dan anak-anak,” kata pernyataan itu lebih lanjut.

Bersama dengan anggota ACT Alliance, surat pernyataan yang telah ditandatangani oleh antara lain Muslim Aid, Forum Lembaga Amal Muslim CAFOD, dan Human Relief Foundation.

Menurut data  PBB, sekitar satu juta orang telah mengungsi akibat kekerasan dan ketidakamanan sejak awal tahun. Kelompok militan Negara Islam (IS/ISIL/ISIL/NIIS) terutama menargetkan minoritas seperti Yazidi dan Kristen. LWF bersama-sama dengan mitra dari ACT Alliance telah mulai bantuan darurat untuk para pengungsi di kota di Provinsi Lembah Niniwe dekat dengan Mosul.

“Tingkatan operasi militan Negara Islam benar-benar menakutkan dan kami menyesalkan tindakan terencana mereka pada warga sipil,” kata Michael Hyden, Koordinator Kemanusiaan untuk LWF Departemen World Service (DWS).

 “Bersama dengan mitra kami Program Bantuan Kristen di Irak (Christian Aid Program in Iraq/CAPNI) kami mencari cara terbaik kami agar dapat membantu penduduk wilayah Duhok,” Hyden menambahkan. Menurut data resmi pemerintah, jumlah pengungsi di provinsi  ini saja sudah 462.270 per 18 Agustus 2014.

Para penanda tangan juga menekankan kebutuhan untuk melindungi warga sipil dan menerapkan hukum internasional. “Kami menarik untuk melindungi semua orang, termasuk kaum minoritas yang dianiaya agama seperti Yazidi dan Kristen— ratusan ribu telah melarikan diri dalam ketakutan untuk hidup mereka,” kata Hyden.

Organisasi-organisasi itu menyerukan solusi  langgeng bagi perdamaian, rekonsiliasi dan keadilan bagi semua di wilayah tersebut.

Kerja Sama Lutheran dan Organisasi Islam

LWF dan Organisasi Islam untuk Bantuan Dunia (Islamic Relief Worldwide/IRW) menandatangani Memorandum of Understanding untuk bekerja sama dalam pekerjaan kemanusiaan. Penandatanganan ini merupakan kerja sama resmi pertama antara organisasi Kristen global dan organisasi kemanusiaan Islam global.

“Kami bangga untuk meresmikan kemitraan kami dengan Islamic Relief Worldwide hari ini”, Eberhard Hitzler, Direktur Departemen LWF untuk World Service (DWS) mengatakan. “Di jantung kolaborasi kami adalah banyak nilai-nilai inti kita berbagi seperti martabat, keadilan, kasih sayang dan komitmen, dan visi kami bersama untuk memberdayakan dan mendukung masyarakat rentan dan orang-orang yang terkena dampak bencana, yang mempersatukan kita di perbedaan agama kami”.

Tradisi Agama Perawatan dan Bantuan

“Kita hidup di masa dunia kita yang rapuh lebih terganggu oleh penderitaan manusia; agama sering ditafsirkan sebagai garis pemisah antara masyarakat dalam konflik” , kata Dr Mohamed Ashmawey, CEO IRW. “Kami percaya bahwa di masa-masa rapuh, organisasi kemanusiaan berbasis agama yang paling siap untuk menyediakan model unik yang kuat untuk saling menghormati, layanan dan kerja sama untuk kemajuan seluruh umat manusia”.

Ashmawey juga menekankan akar agama kerja kemanusiaan. “Kami telah di sini dulu” katanya. “Di mana orang-orang akan pergi ketika mereka sakit dan lapar? Mereka akan datang ke gereja dan masjid!”

Kebutuhan berbasis agama Pengungsi

Wakil Komisaris Tinggi UNHCR, Alexander Aleinikoff, memuji kerja sama ini sebagai teladan. “Agak dunia kemanusiaan sekuler belum mengambil cukup pemberitahuan dari kebutuhan berbasis agama pengungsi” katanya. “Ini bekerja sama adalah mimpi menjadi kenyataan. Anda dapat melakukan hal-hal luar biasa bersama-sama. Saya berharap ini akan menjadi model bagi orang lain untuk meniru “. Dia juga meminta kedua organisasi untuk memberikan umpan balik pada kerja sama mereka ke UNHCR.

LWF dan IRW telah melakukan aksi di kamp pengungsi Dadaab, Kenya, tentang  cara terbaik untuk bersama-sama membantu orang-orang cacat yang sering diabaikan dalam situasi pengungsi.

“Ini adalah saat ketika kita sebagai organisasi berbasis agama harus mengatakan dengan sangat jelas bahwa agama bukan tentang kekerasan,” Sekretaris Jenderal LWF Rev Martin Junge menambahkan. “Memorandum ini tidak hanya tentang teknis, juga menyentuh pertanyaan pemahaman diri. Saya melihat ke depan untuk tumbuh dalam hubungan itu, dan membawa tantangan teologis hubungan yang kembali ke gereja-gereja anggota kami “. (lutheranworld.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home