Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 19:07 WIB | Senin, 21 April 2014

GKR Hemas Pimpin Perolehan Suara di Kota Yogyakarta

Suasana Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota Yogyakarta. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Gusti Kanjeng Ratu Hemas (GKR Hemas) yang notabene merupakan salah satu calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kokoh memimpin perolehan suara di wilayah Kota Yogyakarta. Hal ini terlihat ketika Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota pada Senin (21/4) siang.

Permaisuri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ini unggul jauh di atas para calon lainnya. GKR Hemas yang menempati nomor urut 8 ini mendapat perolehan 111.280 suara. Pada posisi kedua dan ketiga, perolehan suara terbanyak di wilayah Kota Yogyakarta diduduki oleh Muhammad Afnan Hadikusumo dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Drs. H. Sidarto Danusubroto, SH. Sebagai catatan, jumlah calon DPD dari Provinsi DIY pada Pemilu Legislatif 2014 ini tercatat sejumlah 13 orang.

Suara yang diperoleh GKR Hemas ini nyaris mencapai separuh dari total suara sah calon anggota DPR yang mencapai 218.563 suara. Sementara itu, jumlah suara tidak sah untuk calon anggota DPD sebanyak 18.088 suara, sehingga total suara sah dan tidak sah di Kota Yogyakarta mencapai 236.651 suara.

Perolehan suara GKR Hemas yang unggul jauh dibandingkan dengan para calon lainnya tersebut sebenarnya telah diprediksi sebelumnya. Pasalnya di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), suara GKR Hemas hampir selalu menempati posisi nomor satu. Misalnya saja perolehan suara di TPS 21 di Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, dari 284 pemilih yang menggunakan hak pilihnya, GKR Hemas mendapatkan 144 suara.

Masyarakat Yogyakarta pada umumnya memang masih mempercayakan salah satu kursi DPD DIY untuk diduduki oleh trah Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini. Nama GKR Hemas tak hanya sekali ini saja masuk sebagai calon DPD, namun GKR Hemas hingga saat ini masih tercatat sebagai salah satu anggota DPD dari Provinsi DIY. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home