Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:05 WIB | Rabu, 13 Februari 2019

Grammy 2019: Pertama Kali Album Rap Terbaik Diraih Rapper Perempuan

Cardi B (kiri) meraih Penghargaan Grammy, sekaligus mencatatkan diri sebagai rapper perempuan pertama yang mampu meraih penghargaan kategori Album Rap Terbaik, di ajang Grammy 2019. (Foto: Google News)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM  — Rapper Amerika, penyanyi, dan pencipta lagu Cardi B memenangkan penghargaan Grammy pertamanya, sekaligus mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang memenangkan album rap terbaik.

Terkejut dan gugup, ia menerima penghargaan itu pada hari Minggu (10/2) malam dalam malam penghargaan tertinggi bagi insan terbaik pelaku industri musik Amerika Serikat itu di Staples Center, dengan suaminya, Offset, memegang tangannya.

Album Invasion of Privacy mengalahkan album mendiang Mac Miller, Nipsey Hussle, Pusha T, dan Travis Scott, seperti dilaporkan Associated Press yang dikutip VOA Indonesia.

Ia juga tercatat sebagai perempuan kelima yang pernah dinominasikan dalam kategori yang diciptakan tahun 1995 itu.

Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi Time

Cardi B, dilahirkan di The Bronx, New York City, 11 Oktober 1992, dengan nama Belcalis Marlenis Almánzar. Dalam tubuhnya mengalir darah Dominika dari ayah dan Trinidad dari ibu.

Wikipedia mencatat ia meraih popularitasnya dengan menjadi selebriti Internet setelah beberapa unggahan videonya melalui Vine dan Instagram menjadi viral. Namun, sebelumnya ia telah melalui jalan berliku dengan menjadi karyawan di sebuah swalayan, bahkan menjadi penari di sebuah strip club demi melawan kemiskinan yang melilit keluarganya.

Pada kurun 2015 - 2017, ia tampil dalam tayangan serial reality show di VH1, Love & Hip Hop: New York, tentang aspirasi musiknya.

Penghargaan Grammy 2019 akan menambah pengakuan atas prestasi dan koleksi penghargaan yang telah ia raih sebelumnya. Di antaranya, tiga lagu yang berhasil meraih posisi puncak US Billboard Hot 100, yakni Bodak Yellow yang membuatnya menjadi rapper perempuan kedua yang menduduki puncak tangga secara solo setelah Lauryn Hill pada 1998, lalu I Like It yang membuatnya menjadi rapper perempuan pertama yang meraih posisi puncak tangga lebih dari satu kali, dan Girls Like You, karya kolaborasinya dengan Maroon 5.

Album studio perdananya, Invasion of Privacy (2018), juga berhasil masuk dalam posisi terhormat Billboard 200. Penghargaan Grammy adalah pengakuan atas prestasinya yang lain setelah pada 2018 Time mencantumkan namanya dalam daftar tahunan 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Penghargaan Grammy juga memperkokoh pijakannya di industri musik setelah ia memenangi penghargaan di ajang American Music Awards, tiga penghargaan di ajang MTV Video Music Awards, sembilan penghargaan di ajang BET Hip Hop Awards, penghargaan di Billboard Music Award,  serta dua penghargaan Guinness World Records.

Wikipedia menyebutkan penjualan albumnya mencapai angka lebih dari 34 juta rekaman, hanya di Amerika Serikat.

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home