Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:00 WIB | Senin, 10 Desember 2018

Grammy Award: Kendrick Lamar dan Drake Rajai Nominasi

Kendrick Lamar, 31 tahun, rapper asal Compton, California, Amerika Serikat, merajai nominasi Grammy Award, penghargaan tertinggi di industri musik Amerika, tahun ini. (Foto: atlantablackstar.com/Getty Images)

SATUHARAPAN.COM – Kendrick Lamar dan Drake memimpin nominasi Grammy, ajang pemberian penghargaan tertinggi di industri musik Amerika Serikat, tahun ini, masing-masing dengan delapan dan tujuh nominasi.

Nominasi untuk Lamar, yang menyapu penghargaan pada upacara penyerahan penghargaan tahun lalu, adalah untuk karyanya pada soundtrack film Black Panther.

Drake, rapper Kanada, menempatkan lagunya, God’s Plan, di daftar nominasi kategori lagu terbaik, dan albumnya, Scorpion, di kategori album terbaik tahun ini.

Nama-nama penyanyi Inggris Dua Lipa, Jorja Smith, dan Ella Mai, masuk dalam daftar nominasi, yang diumumkan lengkap pada hari Jumat, 7 Desember 2018.

“Dua nominasi Grammy, aku sangat senang, membuatku tidak bisa berhenti menangis, tak percaya rasanya!” Dua Lipa menuliskan cuitannya.

Bintang pop Inggris berdarah Kosovo itu juga meraih nominasi untuk kategori artis pendatang baru terbaik dan kategori best dance recording untuk Electricity, sebuah karya kolaborasi bersama Silk City, Diplo, dan Mark Ronson.

Sementara itu, Ella Mai, penyanyi kelahiran London, masuk nominasi untuk kategori lagu terbaik tahun ini dan lagu R & B terbaik untuk Boo'd Up, yang mencapai nomor lima di US Billboard Hot 100 awal tahun ini.

Lagu itu mengantarnya menjadi orang Inggris pertama yang menduduki puncak tangga lagu R & B di permusikan Amerika Serikat sejak 1992.

Jorja Smith, penyanyi asal Walsall, Inggris, meraih nominasi Grammy untuk kategori artis pendatang baru terbaik, mengikuti nominasi yang ia capai di ajang Mercury Prize dan kemenangan di ajang Brit Awards Critics 'Choice.

Arctic Monkeys, Jon Hopkins, Disclosure, Seal, dan Mark Ronson adalah penyanyi dan pemusik Inggris lain yang masuk nominasi.

Tahun ini juga, penyanyi folk Brandi Carlile, menempatkan karyanya di enam kategori nominasi Grammy, sementara Lady Gaga, Cardi B, dan Childish Gambino masing-masing meraih lima nominasi.

Ariana Grande menerima dua nominasi - satu untuk kategori album vokal pop terbaik (Sweetener), dan lainnya solo pop terbaik (God is a Woman).

Salah satu yang paling mengejutkan adalah untuk Taylor Swift. Albumnya, Reputation, hanya menerima satu anggukan, untuk kategori album vokal pop terbaik.

Artis paling banyak meraih nominasi tahun ini adalah Kendrick Lamar (8), Drake (7), Boi-1Da, Brandi Carlile, Mike Bozzi (masing-masing 6), Cardi B, Childish Gambino, H.E.R., Lady Gaga, Maren Morris, Soundwave (masing-masing 5).

Empat dari kategori utama diperluas tahun ini, untuk memungkinkan lebih banyak pengakuan atas karya perempuan dan seniman BAME (Black, Asia, Minority Ethnics).

Lagu dan album terbaik tahun ini termasuk kategori yang sekarang, akan memiliki delapan nominasi, bukan lima seperti sebelumnya.

Perubahan itu terjadi setelah Recording Academy (sebelumnya bernama National Academy of Recording Arts and Sciences/NARAS), menciptakan gugus tugas yang beragam dalam menanggapi kritik bahwa para pemenang tidak proporsional, biasanya berkulit putih dan laki-laki.

Kategori yang telah diperluas adalah album terbaik tahun ini, rekaman terbaik (untuk lagu terbaik secara keseluruhan), lagu terbaik tahun ini (khusus untuk penulisan lagu), dan artis baru terbaik.

Kategori lain tidak berubah, tetap lima nominasi.

Upacara penyerahan Penghargaan Grammy 2019 berlangsung pada 10 Februari di Staples Center di Los Angeles. (bbc.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home