Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:13 WIB | Minggu, 08 November 2020

Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meluncurkan awan panas pada Kamis, berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) (Foto: Antara/PVMBG)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM-Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali meluncurkan awan panas pada hari Sabtu (7/11) berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, dikutip Antara mengatakan guguran awas panas mengarah ke timur-tenggara dengan jarak luncur sejauh 1.500 meter.

Amplitudo guguran awan panas Gunung Sinabung tercatat 100 mm dan berdurasi 158 detik. "Embusan angin juga mengarah ke timur-tenggara Gunung Sinabung, karena masih berpotensi erupsi dan meluncurkan awan panas," katanya.

Pihak PVMBG mengimbau masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial tiga kilometer dari puncak Sinabung, serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home